Apakah Gus Dur Seorang Sarjana?

 
Apakah Gus Dur Seorang Sarjana?

LADUNI.ID, Jakarta - Seorang bule berjalan-jalan di Jakarta. Karena merasa tersesat, dia kemudian bertanya kepada seorang penjual gorengan.

"Apa betul ini Jalan Sudirman?”

"Ho oh," jawabnya.

Karena bingung dengan jawaban tersebut, dia kemudian bertanya lagi kepada seorang polisi yang sedang mengatur lalu lintas. "Apa ini Jalan Sudirman?"

Polisi itu menjawab, "Betul."

Karena bingung mendapat jawaban yang berbeda, akhirnya dia bertanya kepada Gus Dur yang waktu itu kebetulan melintas. "Apa ini Jalan Sudirman?"

Gus Dur menjawab, "benar."

Bule itu semakin bingung saja karena mendapat tiga jawaban yang berbeda.

Lalu akhirnya dia bertanya kepada Gus Dur lagi, mengapa waktu ia bertanya kepada tukang gorengan dijawab,"Ho oh,". Lalu tanya polisi dijawab "betul". Dan yang terakhir dijawab Gus Dur dengan kata "benar."

Gus Dur diam sejenak, lalu menjawab,

 "Ooh begini, kalau Anda bertanya kepada tamatan SD maka jawabannya adalah ‘ho oh’, kalau bertanya kepada tamatan SMA maka jawabannya adalah, ‘betul’. Sedangkan kalau bertanya kepada tamatan perguruan tinggi maka jawabannya, ‘benar’.

Bule itu puas dengan jawaban Gus Dur, mengangguk dan akhirnya bertanya, "Jadi Anda ini seorang sarjana?". Dengan spontan Gus Dur menjawab, "Ho..oh!"

الفاتحه