Biografi KH. Muslih al-Maraqi

 
Biografi KH. Muslih al-Maraqi
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Muslih al-Maraqi 

  1. Kelahiran
  2. Nasab
  3. Wafat
  4. Pendidikan
  5. Pengasuh pesantren
  6. Selalu Memberi Makna Gandul
  7. Sosok Ahli Tarekat
  8. Karya-Karya
  9. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Muslih Abdurrahman atau yang kerap disapa dengan KH. Muslih al-Maraqi lahir pada tahun 1908 di perkampungan Suburan, Mranggen, Demak, sekitar 13 KM. sebelah timur Semarang. Mengenai tanggal dan bulan kelahirannya tidak diketahui secara pasti.

Nasab

Dari Segi nasab, KH. Muslih al-Maraqi merupakan perpaduan antara ulama dan bangsawan di masanya. Dari garis keturunan ayah, ia memiliki silsilah dari Abdurrahman bin Qasid al-Hag bin Wiryo Kusumo atau yang dikenal dengan sebutan Pangeran Sedo Krapyak bin Pangeran Sujatmika (Wijil 11/ Notonegoro II) bin Pangeran Sabrang bin Ketib bin pangeran Hadi bin Sunan Kalijaga, hingga Ranggalawe (Adipati Tuban) atau Syekh alJali (al-Khawaji) dari Baghdad, yang memiliki rentetan silsilah sampai pada Sahabat Abbar (Paman Nabi).

Wafat

Pada musim haji 1981, al-Maraqi memejamkan matanya untuk selama-selama. Jenazahnya dikebumikan di Mala, Mekkah. la sangat dihormati oleh para mukimin atau orang-orang Indonesia yang bermukim di Mekkah, dan setiap tahunnya selalu diperingati hari wafatnya oleh keluarga besar Futuhiyyah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya