Biografi KH. Ma'mun Ahmad Kudus

 
Biografi KH. Ma'mun Ahmad Kudus
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Organisasi dan Karier
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karier Beliau

5         Teladan Beliau

6          Referensi

 

1         Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

KH. Ma'mun Ahmad Kudus atau yang kerap disapa dengan panggilan Mbah Ma'mun lahir di Kudus, Jawa Tengah. Beliau merupakan ke empat dari empat bersaudara, dari pasangan KH. Ahmad dan Nyai. Hj. Suparmi. Saudara-saudara beliau diantaranya, Ibu Muslimatun, Ibu Malihah, H. Abdul Muhid dan H. Ma'mun.

1.2       Riwayat Keluarga

Beliau melepas lajangnya dengan menikahi Nyai Hj. Asnah dan dikaruniai 5 putera putri yaitu:
1) Nyai Hj. Masfiyah (Istri Alamrhum KH. Musyaffa’ Mayong Jepara)
2) Nyai Hj. Aslikhah (Kudus)
3) KH. Taufiqurrahman (Kudus)
4) KH. Dzi Taufiqillah 
5) Almarhum Gus Nurul Muttaqin.

1.3       Wafat

KH. Ma’mun Ahmad meninggal dunia pada hari Ahad Legi, 22 Shafar 1423H/5 Mei 2002 dalam usia 87 tahun. Sepanjang hayat dihabiskan untuk mengabdi di Pondok Pesantren TBS dan Madrasah TBS serta Madrasah-Madrasah lainnya di daerah Kudus, beliau juga pernah tercatat sebagai Mustasyar PCNU Kab. Kudus.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu

Ketika KH. Ma'mun Ahmad Kudus masih kecil, beliau berguru kepada KH. R. Asnawi dan KH. Arwani Amin. Dalam belajar dan mengaji beliau termasuk santri yang cerdas, dan beliau menjadi santri kinasih. Hingga suatu saat beliau ketika masih usia enam tahun mondok di Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH. Asnawi dan diajak oleh KH. R. Asnawi dalam pengajian berzanji keliling Kota Kudus sampai Pati dan setelah acara tiba-tiba beliau disuruh berdoa sehingga menimnulkan pertanyaan oleh masyarakat, kenapa anak kecil yang berdoa. Kemudian dijawab oleh KH. R. Asnawi “anak kecil itu belum banyak dosanya sehingga doanya dikabulkan oleh Allah SWT”.

Delain belajar kepada KH. R. Asnawi dan KH. Arwani Amin beliau juga diajari oleh orang tuanya sendiri yaitu KH. Ahmad. Hingga pada suatu hari beliau bertemu dengan Mbah Sholeh Tayu Pati (ayahanda KH. Amin Sholeh) ketika berkunjung ke Ndalemnya KH. R. Asnawi bertemu dengan beliau mengajaknya ke Pati untuk diasuh dan dijadikan santri.

Beberapa tahun selanjutnya bersama Mbah Sholeh melanjutkan mondok ke KH. Dimyati Tremas Pacitan. Dalam perjalanan ke Tremas beliau menghafalkan kitab Alfiyah Ibnu Malik sampai benar-benar hafal. Di Tremas beliau termasuk santri kesayangan dan bahkan beliau akan dijadikan menantunya.

Selain nyantri kepada KH. Dimyati Tremas, beliau juga nyantri kepada Sayyid Ali Tuban dan usia muda beliau dihabiskan untuk mencari ilmu sampai usia 35 tahun.

2.2       Guru-Guru Beliau

  1. KH. Ahmad
  2. KH. R. Asnawi
  3. KH. Arwani Amin
  4. KH. Dimyati Tremas Pacitan

2.3       Mengasuh Pesantren

Setelah beberapa tahun belajar kepada Syekh Dimyati Termas, beliau pulang ke Kudus untuk membantu mengajar di Pon-Pes TBS Kudus yang didirikan oleh kakek beliau KH. Abdul Lathif, didirikannya Pon-Pes TBS adalah sebagai wahana pembelajaran agama Islam ala Ahlusunnah waljama'ah. Berawal dari Pon-Pes TBS berkembang ide berdirinya Madrasah NU TBS Kudus dari Kiai Muhith (Kakak beliau) sebagai lembaga pendidikan formal, karena pesatnya pertumbuhan santri yang mengaji gagasan pendirian pondok TBS mendapatkan banyak dukungan dari para ulama dan masyarakat sebagai upaya untuk mendidik generasi penerus yang cerdas dan berakhlakul karimah.

Sebagai tindak lanjut untuk mendirikan Madrasah TBS Kudus diperlukan persiapan sarana dan prasarana, maka diadakanlah musyawarah yang dipimpin oleh Kiyai Muhith dengan mengundang ulama' dan tokoh masyarakat. Dari musyawarah tersebut terbentuklah suatu kepengurusan yang akan mengelola dan mengurus Madrasah TBS Kudus yaitu, Bp. Kromo Wijoyo, Bp. Asrurun, H. Nur Syahid, Bp. Chadziq, Bp. Nur Khudrin, H. Toyyib, Bp. Muqsith, Bp. H. Haris dan beliau sendiri.

Setelah terbentuk kepengurusan maka atas berkah rahmat dari Allah Madrasah TBS berdiri pada tanggal 7 Jumadil Akhiroh 1347H/21 November 1928. pertama kalinya nama TBS adalah "Tasywiquth Thullab Kudus" kemudian berubah oleh KH. Abdul Jalil menjadi "Tasywiquth Thullab School" (Pada zaman penjajahan) dan oleh KH. Turaichan Adjuri dirubah menjadi "Tasywiquth Tullab Salafiyah" dengan singkatan TBS.

3          Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

Putera putri yang menjadi penerus beliau yaitu:
     1) Nyai Hj. Masfiyah (Istri Alamrhum KH. Musyaffa’ Mayong Jepara)
     2) Nyai Hj. Aslikhah (Kudus)
     3) KH. Taufiqurrahman (Kudus)
     4) KH. Dzi Taufiqillah 
     5) Almarhum Gus Nurul Muttaqin.

3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau yang menjadi penerus dan ulama besar adalah:

  1. KH. Hasan Asy’ari Mangli Magelang (Mursyid Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah)
  2. KH. Ma’ruf Irsyad Kudus (Rois Syuriyah PCNU Kab. Kudus)
  3. KH. Ahmad Basyir Jekulo (Mustasyar PCNU Kab. Kudus)
  4. KH. Ma’mun Hadziq Balekambang (Pengasuh PP Balekambang Jepara)
  5. KH. Mohammad Mansur Kudus (Ahli Qiro’ah Sab’ah)
  6. KH. Imam Sofwan (Ketua Umum Tanfidziyyah PC NUKab. Pati)
  7. KH. Nur Ahmad (Ahli Ilmu Falak Kriyan Jepara)
  8. Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq (Guru Besar ilmu Hukum Islam UIN Walisongo Semarang)
  9. KH. Amirul Wildan Jepara (Katib Syuriyah PCNU Kab. Jepara)
  10. KH. Abdulloh Sa’ad (Da’i dan Mustasyar PCNU Kab. Karanganyar)

4          Organisasi dan Karier

4.1       Riwayat Organisasi

Beliau pernah tercatat sebagai Mustasyar PCNU Kab. Kudus.

4.2       Karier Beliau

Beliau mengabdi di Pondok Pesantren TBS dan Madrasah TBS serta Madrasah-Madrasah lainnya di daerah Kudus

5         Teladan Beliau

KH. Ma'mun Ahmad Kudus adalah pribadi yang bersahaja (zuhud) bahkan dalam sepanjang hayatnya beliau tidak memikirkan tentang kebendaan (duniawi) dan kata beliau "masalah rizqi semua makhluk kabeh wes ono sing ngatur," (masalah rizqi semua makhluk semua sudah ditentukan sama Allah SWT). Namun dibalik kesederhanaannya beliau mempunyai sifat sosial yang tinggi sehingga beliau dikenal sebagai sosok yang dermawan, disiplin dan tegas.

Selain itu, prinsip perjuangan beliau adalah menjalankan dakwah dengan penuh keihlasan tanpa pamrih, walau dalam keadaan sakit masih mengajar, demikianlah keikhlasan beliau dalam mengajarkan ilmu agama tanpa mengenal lelah, salah satu kebiasan beliau juga setiap hari jum'at menjalankan sholat Jum'at keliling hingga kepelosok-pelosok desa di Kabupaten Kudus.

Kebiasaan ini dimaksudkan untuk mengecek apakah di desa-desa imam masjid sudah membaca al-Qur'an sesuai tajwid dan masih menjalankan nilai-nilai ahlusunnah waljama'ah. kebiasaan tersebut melanjutkan seperti kebiasaan sang gurunya (KH. Arwani Amin).

6         Referensi

https://pesantren.id/

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya