Hubungan Filsafat Makna Tahlil dan Pancasila

 
Hubungan Filsafat Makna Tahlil dan Pancasila

LADUNI.ID - Tahukah kita konsederasi mutualisme makna yang termaktub dalam hubungan antara kedua istilah Tahlil dan pancasila sangat spektakuler. Bahwa kita pantas dan sah membumikan Aswaja An Nahdliyah dibumi NKRI ini.

Sila ke satu.
Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sedangkan Tahlilan berasa dari kata Tahlil berdasar lughot dari akar bahasa Lailaha Illalloh, mengesakan Tuhan, ada Hubungan kan ?

Sila kedua
Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sedangkan Tahlilan nilai pergharhagaan kemanusian mereka di undang diberi makan dihormati sebagai tamu beradab artinya tak ada sifat kesombongan diatara mereka semua diperlakukan sama oleh yang punya hajat tanpa pandang bulu. Berhubungan kan ?

Sila ketiga.
Persatuan Indonesia.

Sedangkan Tahlilan jelas jelas mepersatukan antar sesama dan tak mengajarkan perpecahan yakni bersatu dalam jamaah dzikir dan Tahlil. Sangat berhubungkan kan ?

Sila ke empat.
Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyaratan perwakilan erat sekali kan ?

Sedangkan Tahlilan ada seorang pemimpin yang dipilih dan diangkat olen masyarakat untuk memimpin dengan bijaksana serta dianggap lebih tua dengan ketaatan mdngikuti Imam tanpa perlawanan sama sekali guyub mengikuti suara dzikir dan tahlin dengan kerukunan dan kehusyuan.

Sila ke lima.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sedangkan substansi tahlilan terdapat keadilan sosial pembagian berkat sebagai rasa sosial dan pembagianya merata semua sama. Tidak bisa dipisah kan ?

Itulah konsep dakwah para wali bil hal atau dan konsep ayat suci " Bilhikmah" tanpa kowar kowar dan gembar gembor mengkafirkan serta menyesatkan yang lain dakwah ini lebih banyak uswah dari yang sesuai fatwah.

Inilah konsepsi para Wali songo yang diteruskan oleh para Ulama kita serta dikuatkan dalam formalitas wadah besar Nahdlatul Ulama yang dipandegani Oleh Mbah Hasyim Asyari dan estafed legalitas sah kepemimpian direstui Ulama sepuh dan diamini oleh mutamirin diteruskan Profesor Dr Said Aqil Siraja Lc. MA. Walaupun diterpa fitnah tetap kita doakan dukung dan bela beliau. Agar mampu mengemban amanah besar mejaga organisasi ini. semoga barokah.

Kita nderek dan gandoli siapa kalau tidak wasilah cinta para Ulama kita. Agar selamat dunia akherat..

Kalau belum belum Tahlil bertahlillah malam Jumat penuh berkah ini.

Oleh: Abdulloh Faizin