Pesantren Nurut Taqwa Bondowoso

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium5
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Nurut Taqwa Bondowoso

PROFIL

Pondok Pesantren Nurut Taqwa didirikan pada tahun 1976 M. Sebelum pesantren ini didirikan oleh KH. Ma’shum Zainullah, beliau berinisiatif untuk mendirikan sebuah tempat belajar, khususnya pelajaran agama Islam untuk masyarakat setempat. Pondok Pesantren Nurut Taqwa berlokasi di Jl. Raya Cermee No 9 Grujugan, Kec. Cermee, Kab. Bondowoso, Jawa Timur.

Lambat laun, banyak para murid yang berdatangan untuk menimba ilmu agama ke tempat beliau, bahkan dari luar daerah desa Grujugan. Akhirnya, didirikanlah pondok pesantren yang saat ini memiliki lembaga formal yaitu Madrasah Aliyah Jurusan IPA-IPS, SMK, MTs, MI, dan RA. Sementara lembaga non formal terdiri dari Madrasah Diniyah dari tingkat Ula-Wustha, TPQ, Kursus Bahasa Asing (Arab-Inggris), Tahfidzul Qur’an, dan Kursus Jahit serta Kursus membatik.

Sejarah
Pondok Pesantren Nurut Taqwa didirikan dan masih diasuh oleh seorang kyai sederhana yang luar biasa, beliau adalah KH.Ma’shum Zainullah. Dengan kegigihan dan mujahadah super dalam menghidupkan agama, beliau berjuang melestarikan pesantren ini dengan pendidikan agama yang benar-benar beliau perhatikan, demi terciptanya kepribadian santri berakhlak dan berilmu agama yang bisa mengantarkan mereka menuju ridho Allah Swt. Harapan besar beliau kepada santri, ingin santrinya menjadi orang yang berguna.

Seperti ditulis dalam majalah Al Bashiroh Dalwa, cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Nurut Taqwa berangkat dari kepercayaan masyarakat kepada Ust. Nur Sahwi yang kini lebih popular dengan KH. Makshum Zainullah, untuk menghidupkan masjid agar terlaksana shalat berjamaah lima waktu di masjid yang kini bernama Masjid Nurut Taqwa yang terletak didalam kompleks pesantren sekarang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.