Sejumlah Negara Eropa Menolak Pengakuan Kedaulatan Israel Atas Dataran Golan

 
Sejumlah Negara Eropa  Menolak Pengakuan Kedaulatan Israel Atas Dataran Golan

LADUNI.ID | - Jakarta. Sejumlah Negara Eropa yang duduk di Dewan Keamanan PBB yaitu : Belgia, Inggris, Prancis, Jerman dan Polandia memutuskan untuk menolak keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel. 

Negara tersebut memberikan keprihatinan terhadap langkah yang diambil oleh Donald Trump. Dan mereka tetap bersikukuh menyatakan bahwa Golan merupakan wilayah Suriah. Menurut mereka, langkah Trump bisa memiliki dampak yang besar.

Seperti dikutip dari AFP, Rabu (27/3) Duta Besar Belgia Marc Pesteen de Buytswerve mengatakan bahwa "Kami tidak mengakui kedaulatan Israel atas wilayah-wilayah yang diduduki Israel sejak Juni 1967, termasuk Dataran Tinggi Golan, dan kami tidak menganggap mereka sebagai bagian dari wilayah negara Israel," .


Pada Senin (25/3) Presiden Trump menandatangani proklamasi berisikan pengakuan AS atas kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan. Duta Besar AS Jonathan Cohen mengatakan keputusan tersebut dibuat untuk menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Iran. Akan tetapi, Keputusan tersebut langsung ditentang oleh banyak negara. Bahkan saat pertemuan Dewan PBB, Rusia dan Cina sudah berbicara akan menentang keputusan AS tersebut . 

Negara berikutnya yang juga menentang keputusan Trump adalah Indonesia dan Afrika Selatan yang selama ini mendukung kemerdekaan Palestina.  Kebijakan AS atas Dataran Tinggi Golan akan dibahas oleh PBB pada rabu (27/3) ini.