Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Fattah Kikil Pacitan

Profil
Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama khususnya agama Islam yang berpengaruh mewakili sub culture yang tersendiri dalam masyarakat. Tradisi pesantren di Indonesia baru mendapat perhatian para ahli yang mempelajari islam di Indonesia sejak pertengahan abad ke 19 (1857) sejak 141 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1866 pondok pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan Jawa Timur berdiri, Kikil adalah sebuah tempat terletak kurang lebih 11 km disebelah utara dari kota pacitan 0,5 km dari kecamatan Arjosari.

Yang menempati area seluas 10.614.76 m. Berdirinya pondok pesantren Al-Fattah Kikil tidak terlepas dari sosok KH. Ali mortadlo. Beberapa kemajuan baik dibidang pendidikan maupun pembangunan sarana fisik terus mengalami peningkatan dan bahkan mampu menyiapkan generasi yang tidak hanya cakap dalam bidang agama namun mampu pula berperan ditengah-tengah masyarakat.

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dasar 9 (Sembilan) tahun serta untuk menjadikan madrasah yang terjangkau. Madrasah Tsanawiyah membuka kelas jauh (filial). Pada tahun 1990 dibuka didesa karang gede kecamatan Arjosari, selanjutnya tahun 2000 dibuka didesa Sempu kecamatan Nawangan serta yang paling muda dibuka didesa Temon dengan semangat kejujuran, keikhlasan, dan perjuangan menjadi modal utama KH. Moch. Burhanuddin HB (sosok kebangkitan) dalam mengembangkan Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil .

Dari semangat ini keinginan untuk mendirikan perguruan tinggi di Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil, Alhamdulillah. Sejak awal anime masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya ke Pondok Pesantren Al-Fattah sangatlah besar, bahkan cenderung meningkat dari tahun ketahun. Mereka bukan saja datang dari penjuru tanah air Indonesia tercinta ini.  Maka dengan jumlah peminat yang begitu besar, pesantren perlu melakukan seleksi masuk pada setiap penerimaan calon santri santrinya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.