Tidak di Suriah, Al-Baghdadi Kini Mulai Menyusup ke Irak

 
Tidak di Suriah, Al-Baghdadi Kini Mulai Menyusup ke Irak

LADUNI.ID, Jakarta - Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS/ISIL/DAESH) Abu Bakar al-Baghdadi terus bergerak dan berpindah-pindah sembari menyamar di Suriah. Hal ini seperti dilaporkan al-Sumaria dengan mengutip pernyataan kepala Kelompok Irak untuk Studi Strategis, Wathiq al-Hashemi, Rabu (27/3) kemarin.

Pada kesempatan itu, Al-Hashemi menjelaskan bahwa pihak intelijen mengkonfirmasi bahwa al-Baghdadi berkeliaran bersama seorang pengemudinya yang berkebangsaan Irak dan satu orang lain yang tidak disebutkan kewarganegaraannya, dan ketiganya bersembunyi dan bergerak secara terus-menerus.

Al-Hashemi juga menepis semua berita mengenai tertangkapnya al-Baghdadi karena dia tidak bisa memasuki wilayah Irak, dan dia juga berada di kawasan yang jauh dari daerah Baghouz yang belakangan ini berhasil dibebaskan oleh Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) dari pendudukan ISIS di Suriah di bagian timur.

Al-Hashemi juga menurutkan bahwa, dia tidak meninggalkan Suriah namun berusaha masuk ke Irak. “Orang-orang ini berusaha mencapai dataran Nineveh, wilayah lembah Houran, dan berusaha bergerak di daerah Tuzh Khurmato, Hawija dan Diyala, sebagai upaya untuk menunjukkan eksistensinya,” ujar Hashemi.

Kendati demikian, Al-Hashemi memastikan bahwa ISIS sekarang sudah runtuh, tapi juga mengingatkan bahwa ini tidak berarti bahwa riwayat ISIS sudah tamat.

“Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan gambar yang mengkonfirmasi keberadaan terowongan besar yang bahkan dapat dimasuki dan dilintasi mobil. Ini berarti bahwa organisasi ini menjaga sel-sel tidur yang bisa jadi jumlahnya lebih besar dari perkiraan,” pungkas Al-Hashemi.