Pesan Sekdakab Sumenep Kepada UKS dalam Pencegahan Narkoba

 
Pesan Sekdakab Sumenep Kepada UKS dalam Pencegahan Narkoba

LADUNI.id, Sumenep - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si dalam Pembukaan Pembinaan Manajemen Sekretariat Tetap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2019, mengatakan bahwa Keberadaan sekretariat UKS tidak sekedar tempat pelayanan kesehatan untuk merawat siswa yang sakit, namun juga harus bermanfaat sebagai sarana informasi kesehatan aktual bagi siswa.

“Saya harapkan UKS setiap sekolah memprioritaskan pengetahuan pada pencegahan narkoba dan menurunkan pecandu rokok, sebab persoalan itu makin marak di kalangan remaja saat ini.” katanya di Hotel Utami, Kamis (28/03/2019).

Ia menyatakan, pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar sangat penting dilakukan mengingat saat ini, peredarannya sudah mengintai generasi muda hingga di pelosok-pelosok desa.

“Akibat peredaran narkoba yang semakin meluas perlu pengetahuan tentang bahaya dan dampak hukumnya bagi siswa, sehingga mereka tidak menjadi konsumen narkoba.” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, semua elemen baik masyarakat, keluarga dan sekolah memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga generasi muda utamanya pelajar dari ancaman pengaruh narkoba.

“Karena itu Sekretariat UKS masing-masing sekolah melibatkan semua pihak berkaitan dengan masalah kesehatan di lembaganya baik itu peserta didik, orang tua, para tokoh masyarakat maupun organisasi-organisasi di masyarakat.” ungkap mantan Kepala Dinas PU Bina Marga ini.

Edy Rasiyadi berharap, seperti dilansir dari Media Center Sumenep, pelatihan itu menghasilkan sinergitas dan komitmen bersama dalam pelaksanaan program UKS di semua jenjang pendidikan di Sumenep.

“Jangan pernah berhenti untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang program kegiatannya untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik, bebas narkoba serta menciptakan lingkungan yang sehat.” pungkasnya. (*)