Biografi KH. Ridwan Syu'aib Pringsewu Lampung

 
Biografi KH. Ridwan Syu'aib Pringsewu Lampung

Daftar Isi Biografi Sayyid Muhammad bin Umar As-Shofi bin Abdurrahman bin Muhammad bin Ali bin Abdurrahman As-Segaf

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
2.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Ridwan Syu'aib atau yang kerap disapa dengan panggilan Abah Ridwan merupakan sosok ulama NU yang dilahirkan di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

1.2 Wafat
Abah Ridwan wafat pada tanggal 4 Desember 2020 atau yang bertepatan pada 19 Rabbi’ul Tsani 1442 H di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu setelah kumandang adzan shalat Isya, pukul 19.30 WIB.

Beliau wafat pada umur 69 tahun, setelah kondisi kesehatannya terus menurun sejak beberapa bulan terakhir.  

Gus Amir Ma'ruf, putra Abah Ridwan mengatakan, pagi ketika masuk rumah sakit, Abah masih bisa berkomunikasi dengan keluarga. Ketika waktu maghrib, tak henti-hentinya Abah mengucapkan tahlil. Sampai akhirnya semakin pelan dan diakhir hayatnya terucap kata Allah.

2. Perjalanan Hidup dan Dakwah Beliau

Abah Ridwan merupakan Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung pertama setelah terpisah dari PCNU Kabupaten Tanggamus. Sampai akhir hayatnya, beliau masih dipercaya menjadi Rais Syuriyah untuk ketiga kalinya. Untuk kali ketiganya, Abah Ridwan terpilih melalui Konfercab III NU Pringsewu yang digelar pada Bulan Januari 2020.  

Menurut Ketua Tanfidziyah PCNU Pringsewu H. Taufik Qurrahim, Abah Ridwan adalah sosok tauladan dalam ketegasan saat membimbing dan mengarahkan pengurus NU Pringsewu. Dengan pengalaman berorganisasi sejak sebelum orde baru, Abah Ridwan selalu memberi petunjuk untuk kemaslahatan organisasi.

"Beliau adalah sosok yang tegas namun bisa ngemong (membimbing)," kata Kiai Taufik di rumah duka di Desa Bandung Baru, Kecamatan Adiluwih.

Abah Ridwan juga merupakan sosok kiai yang sangat alim dalam ilmu agama khusunya dalam ilmu nahwu. Ia senantiasa melakukan muthalaah (melakukan kajian) sebelum mengisi majelis pengajian di berbagai tempat.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya