Bahaya Obesitas Pada Anak- anak Sehingga Alami Pubertas Lebih Dini

 
Bahaya Obesitas Pada Anak- anak Sehingga  Alami Pubertas Lebih Dini

LADUNI. ID | - Saat ini, obesitas menjadi masalah kesehatan yang paling serius di seluruh dunia.  Tak hanya dewasa, bahkan balita hingga anak-anak pun sudah mengalami obesitas di usia dini. Obesitas tidak hanya menyebabkan berbagai penyakt berbahaya saja seperti jantung, diabetes, dan lain lain, akan tetapi obesitas juga dapat membuat anak-anak alami pubertas lebih dini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Herman-Giddens et al menemukan bahwa beberapa anak di Amerika Serikat sudah mengalami pubertas ketika awal masuk sekolah dasar. Hasil penelitian ini menyebutkan adanya hubungan timbal balik antara massa lemak yang berlebih dan pubertas dini. Lemak dalam jumlah berlebih untuk ukuran usia pra-pubertas dalam tubuh akan memicu produksi hormon tertentu. Hormon inilah yang kemudian mempercepat pubertas si anak. 

Kemudian penelitian ini juga menjelaskan bahwa konsumsi susu formula serta penambahan berat badan yang cepat saat bayi juga berhubungan dengan pubertas yang datang lebih cepat.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kegemukan saat anak-anak akan berimbas pada kegemukan di usia dewasa nanti. Sehingga, obesitas di usia dini memiliki konsekuensi yang lebih menyeramkan dibandingkan dengan pubertas dini. Oleh karena itu, mari menjaga berat badan buah hati, adik, atau keponakan Anda agar tetap ideal dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat.