Biografi KH. Musthofa Bakri

 
Biografi KH. Musthofa Bakri

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh TPQ dan Madin Raudlatul Furqan

3          Penerus Beliau
3.1       Murid-murid Beliau

4          Jasa, Organisasi, dan Karier
4.1       Jasa
4.2       Riwayat Organisasi
4.3       Karier Beliau

5         Referensi

 

1   Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1    Lahir
 Seorang tokoh sekaligus sesepuh Pekalongan , KH. Musthofa Bakri, dilahirkan di Pekalongan, tanggal 9 Desember 1930 M. Bertepatan dengan  di adakannya  Muktamar Jam'iyyah Nahdlatul Ulama' di Kota Pekalongan .
Bakri, nama yang terletak dibelakang nama asli beliau merupakan singkatan dari B yang berarti Bin , A adalah Abdul Qodir (Ayah beliau) , dan K adalah Kerto (Kakek beliau). Sedangkan Ri merupakan singkatan dari nama ibunya , Hj. 'Umriyyah yang asli orang desa Jenggot Pekalongan Selatan.
 

1.2    Riwayat Keluarga
Pada tahun 1953 itulah beliau boyong, menikah dengan Hj. Nasi'ah dan dikaruniai beberapa anak.
 

1.3     Wafat
 Beliau wafat dalam usia 88 tahun, Senin 6 Agustus 2018 pukul 14.30 WIB di kediamannya Jenggot Gang 5, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan. Beliau dimakamkan di Pekalongan di Masjid Jami’ Jenggot.

2   Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1    Mengembara Menuntut Ilmu
Beliau belajar di sekolah rakyat (setingkat SD) pada waktu penjajahan Jepang . Tetapi beliau tidak menamatkan sekolahnya . Hanya sampai kelas 2 karena disuruh berhenti oleh ayahanda beliau yang khawatir dengan pengaruh Jepang. Beliau belajar Al-Qur'an langsung dari Kyai Syafi'I Abdul Majid dan juga menambah pengetahuan umumnya di SLTP. Kemudian , melanjutkan ke Pesantren pada tahun 1948 - 1953.
KH. Khudlori Tobri adalah teman beliau sewaktu mondok di Kaliwungu. Ketika KH. Khudlori masuk itulah, bertepatan dengan tahun dimana beliau boyong .

2.2      Guru-guru Beliau
Guru-guru Beliau ketika beliau menuntut ilmu di pesantren adalah:
Kyai Syafi'I Abdul Majid
 

2.3      Mengasuh TPQ dan Madin Raudlatul Furqan
Beliau mengasuh TPQ dan Madin Raudlatul Furqan Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan

3   Penerus Beliau

3.1    Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri TPQ dan Madin Raudlatul Furqan Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan

4   Jasa, Organisasi, dan Karier  

4.1   Jasa Beliau
Pada saat penjajahan Jepang itu , anak pribumi yang sudah berusia minimal 15 tahun diharuskan wajib militer. Tetapi beliau memilih jalannya sendiri untuk masuk Hizbulloh yang pada waktu dikomandani oleh Pak Condro . Ketika merebut kemerdekaan , pada tanggal 3 Oktober 1945 , rakyat Pekalongan menyerbu markas Jepang yang berada di sebelah Masjid Syuhada' (Monumen) Pekalongan, dibawah komando Kyai Syafi'i Abdul Majid dan Kyai Akrom Hasani. Rakyat Pekalongan memakai bambu runcing .

4.2    Riwayat Organisasi
Beliau juga merupakan seorang aktifis organisasi, khususnya organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama. Terbukti , dulu aktif di GP. Ansor dan sekarang menjadi Ro'is Suryah PCNU Kota Pekalongan 2 periode, yang berakhir pada tahun 2012. Dari progam PCNU Kota Pekalongan, beliau telah berhasil membangun Gedung Aswaja. Gedung Aswaja ini , dilengkapi dengan ruangan kantor NU beserta banom-banomnya, lapangan tenis, kantor BMT yang menambah investasi. Tak ketinggalan pula, beliau mengadakan diklat-diklat untuk pengkaderan yang dilaksanakan setiap satu tahun dua kali.

4.3     Karier Beliau
Pengasuh TPQ dan Madin Raudlatul Furqan Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan

5   Referensi

Buletin ATSAR MAS Simbangkulon edisi 19 / 2011.
https://www.facebook.com/arahpekalongan/posts/kh-musthofa-bakri-tokoh-cerminan-belajar-seorang-tokoh-sekaligus-sesepuh-pekalon/878428492347865/

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya