Beginilah Pendapat Ulama tentang Mengkonsumsi Daging Kuda

 
Beginilah Pendapat Ulama tentang Mengkonsumsi Daging Kuda

PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum. Mohon penjelasan dan 'ibarotnya ! bagaimana hukumnya mengkonsumsi daging kuda ? Dan sah kah dibuat qurban ? Sebelum dan sesudahnya terimakasih, monggo. 

JAWABAN :

Wa'alaikum salam. Merangkumkan pendapat dari teman-teman. Kuda / jaran yang dalam bahasa arab disebut al-faros / al-khoil adalah jenis binatang pemakan rumput (herbivora), ia dapat berlari cepat dan mempunyai indra penciuman dan pendengaran yang sangat tajam. Hukum mengkonsumsi kuda adalah boleh, karena binatang ini adalah binatang yang halal untuk dimakan. Hanya saja menurut Imam Abu Khanifah, dan Imam Auza'i hukum mengkonsumsi daging kuda adalah makruh. Beberapa referensi yang menyebutkan hukum pengkonsumsian daging kuda di antaranya :

الفقه على المذاهب الاربعة ٢/٦

و يحل منها اكل الخيل والزرافة............الحنفية قالوا اكل الخيل مكروه كراهة تنزيه على المفتى بهالشافعية قالوا يحرم اكل الزرافة على المعتمد

Dan termasuk binatang pemamah biak yang halal dimakan adalah kuda dan jerapah...Kalangan Hanafiyah berpendapat : memakan daging kuda adalah makruh tanzih.Kalangan Syafi'iyah berpendapat jerapah hukumnya haram menurut qaol mu'tamad.

و يحل اكل الضب و الضبع و الثعلب والنعامة و الخيلدالمالكية المشهور عندهم تحريم الخيل و فيه قول باباحتها

الشعب الفقه على المذاهب الاربعة ٤١٦

Halal memakan binatang dlobb,dhobu'/hyena (binatang mirip anjing hutan),tsa'lab (sejenis musang),na'aamah (burung unta) dan kuda.Menurut pendapat yang masyhur dari kalangan Malikiah memakan daging kuda adalah haram,tetapi ada beberapa pendapat dari kalangan ini yang membolehkannya.

البيجورى ٢/٤٣٦

و الخيل لخبر الصحيحين عن جابر نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم يوم خيبر عن لحوم الحمر واذان فى لحوم الخيل و فيهما عن اسماء " نحرنا على عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم فرسا فاكلناه و نحن بمدينة. و اما خبر النهي عن لحوم الخيل فهو منكر كما قاله الامام احمد وغيره، او منسوخ كما قاله ابو داود و بقر وحش و حماره لانها من الطيبات

Dan dihalalkan memakan daging kuda karena ada hadis yang menerangkan, bahwasanya Rosululloh telah melarang kita makan daging himar dan mengizinkan memakan daging kuda. Meski daging kuda halal, namun binatang tersebut tidak cukup dijadikan sebagai binatang kurban.

اثمد العينين ٤٣١

مسئلة: لا تجزئ التضحية بغير الابل و البقر و الغنم لانه لم ينقل، و قال الحافظ ابن حجر العسقلانى : يعكر عليه ما ذكره السهيلي عن اسماء قالت : " ضحيت على عهده صلى الله عليه و سلم بخيل " . و عن ابى هريرة انه ضحى بخيل. و قال فى التحفة : و كالزكاة فلا يجزئ غيرها، ولا متولد بينها و بين غيرها بخلاف متولد بين نوعين منها على الاوجه.............

Wallaahu A'laamu Bis Showaab.

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah