Jangan Ragu, Ini 7 Manfaat Bagi Anak Ketika Diajarkan Dua Bahasa

 
Jangan Ragu, Ini 7 Manfaat Bagi Anak Ketika Diajarkan Dua Bahasa

LADUNI.ID, Jakarta - Saat ini banyak lembaga pendidikan usia dini yang menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris atau Mandarin sebagai bahasa pengantar di sekolah. Jadi, anak mulai diajari dua bahasa sejak usia dini. Lalu, apa pentingnya mengajarkan dua bahasa pada balita sedini mungkin?

1. Lebih cepat bisa

Belajar bahasa lain sejak dini akan lebih mudah ketimbang saat anak sudah makin berumur. Erika Levy, Ph.D., asisten profesor speech and language pathology di Teachers College, Columbia University, AS, mengatakan bahwa anak-anak balita di usia 2 atau 3 tahun mengembangkan keterampilan bahasa dengan cepat. “Mereka cepat menyerap apapun yang mereka dengar,” ujarnya.

Menurut Levy, anak-anak dapat belajar memahami kata-kata baru dalam 2 bahasa yang berbeda dengan kecepatan yang jauh berkali-kali lipat daripada orang dewasa. Jadi manfaatkanlah usia ini untuk segera memperkenalkan dan mengajar mereka menjadi bilingual.

2. Melafalkan lebih baik

François Thibaut, direktur The Language Workshop for Children di New York mengatakan bahwa semakin awal seorang anak belajar bahasa lain, maka semakin mudah bagi mereka untuk memahami bunyi-bunyi yang unik. Menurut Thibaut, kemampuan mendengar pelafalan fonetik yang berbeda dengan bahasa asal yang paling tajam adalah sebelum anak-anak berusia 3 tahun.

“Kita kehilangan kapasitas untuk mendengar, memahami, dan menghasilkan suara-suara tertentu jika kita tidak mengenalnya sejak dini,” ujarnya.

Ini artinya, bila diajarkan sejak dini, kemampuan mereka menguasai bahasa lain akan lebih baik.

3. Lebih fasih

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cognitive Psycholgymenyebutkan bahwa anak-anak yang belajar bahasa asing sejak usia dini akan dapat menuturkannya lebih baik. Mereka lebih mungkin memiliki kefasihan yang setara dengan penduduk asli bahasa asing tersebut.

4. Fungsi eksekutif otak yang lebih baik

Berdasarkan penelitian  yang dilakukan oleh Ellen Bialystok, OC, FRSC, psikolog sekaligus profesor pengembangan bahasa di York University, Kanada, orang-orang yang bilingual lebih mampu bertransisi di antara dua tugas, menjadi multitasking, membagi fokus, serta menyelesaikan masalah dengan lebih mudah.

5. Lebih kreatif

Levy menyebutkan bahwa salah satu manfaat menggunakan dua bahasa adalah anak-anak akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih kreatif.

6. Lebih mudah menguasai banyak bahasa

Bialystok mengatakan bahwa anak-anak bilingual akan lebih mudah untuk belajar bahasa ketiga, keempat, dan seterusnya.

7. Tidak cepat pikun

Studi dari American Academy of Neurology menyebutkan bahwa akumulasi efek pengalaman dua bahasa dapat menjadi perlindungan terhadap penurunan kognitif seiring dengan penuaan dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak seperti Alzheimer.

Berdasarkan penjelasan di atas, banyak manfaat mengajarkan dua bahasa sejak usia dini. Masihkah Anda ragu membiasakan anak berkomunikasi dengan dua bahasa?