Pilot dinyatakan Hilang dalam Insiden Jatuhnya Jet F-35 Jepang di Samudera Pasifik

 
Pilot dinyatakan Hilang dalam Insiden Jatuhnya Jet F-35 Jepang di Samudera Pasifik

LADUNI.ID, Jepang  Saat menjalani misi latihan di Samudra Pasifik, Selasa (9/4) malam waktu setempat, sebuah jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 milik Angkatan Udara Jepang dilaporkan sempat hilang dari pantauan radar. Ternyata pesawat itu jatuh dan serpihannya ditemukan oleh tim pencari di perairan sebelah utara Jepang.

Pesawat tempur siluman itu lepas landas dari Lanud Misawa di Prefektur Aomori. Pilot lantas mengarahkan jet itu ke perairan sejauh 135 kilometer. Seperti dikutip Reuters, Rabu (10/4).


Pesawat itu sempat mengudara sekitar 30 menit. Pada pukul 19.27 waktu setempat, jet tempur itu hilang dari pantauan radar.

Kata seorang juru bicara Angkatan Udara Jepang, "Kami berhasil menemukan serpihan dari F-35."  Mereka menyatakan keberadaan pilot sampai saat ini belum diketahui. Padahal, menurut AU Jepang umur pesawat itu belum genap setahun. Burung besi itu baru dikirim pada Mei 2018.


Sebagai pembuat, Lockheed Martin menyatakan mereka akan membantu AU Jepang menangani kecelakaan itu. Kabar ini juga sampai kepada Kementeriah Pertahanan.

Saat ini Jepang sedang gencar memperbarui alat utama sistem persenjataan mereka. Terutama armada angkatan udara. Mereka memesan 87 jet tempur siluman dari AS, untuk mengimbangi kekuatan China. Akan tetapi, mereka membeli secara rakitan (knock down), dan kemudian dirakit di pabrik Mitsubishi Heavy Industries Ltd., di dekat Nagoya.