Petunjuk Lengkap Qadha Shalat Fardhu Beserta Bacaan Niatnya

 
Petunjuk Lengkap Qadha Shalat Fardhu Beserta Bacaan Niatnya
Sumber Gambar: Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Sedikit perlu di ketahui bahwa shalat 5 waktu tersebut menjadi satu kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan oleh seluruh umat islam terutama jikalau beliau sudah hingga pada usia baligh menurut syariat. Brang siapa yang tidak melaksanakannya maka dosa baginya , bahkan kewajiban ini tidak ada kemurahan kecuali beliau hilang kesadarannya.

Sehingga dengan begitu barang siapa yang berani meninggalkannya maka beliau harus menggantinya atau mengqadha shalat tersebut dengan segera. Biasanya kebanyakan orang yang suka tertinggal yaitu shalat subuh karena kebeblasan tidur hingga siang baik itu karena pulas atau kecapaian kerja hingga malam.

Baca Juga: 0355. Bacaan Niat Shalat Tahiyyatul Masjid

Dadlil Wajibnya Mengqadha Shalat Fardhu

Shalat yang kita tinggalkan itu adalah disebabkan kelalaian kita. Kepada manusia saja hutang harus dibayar, kenapa hutang kepada Allah justru dipermudah? Walaupun kita tahu Allah adalah Dzat Maha Pemaaf, tapi itu masalah lain.

Hal ini sebagaimana dalil sebagai berikut:

اتَّفَقَ العُلَمَاءُ عَلَى أنَّ قَضَاءَ الصَّلَاةِ وَاجِبٌ عَلَى الناَّسِيّ وَ النّاَئِمِ لِمَا تَقَدَّمَ مِنْ قَوْلِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، أنَّهُ لَيْسَ فِي النَّوْمِ تَفرِيْطٌ. وَ إنَّمَا التَّفْرِيْطُ فِيْ الْيَقْظَةِ. فَإذَا نَسِيَ أَحَدٌ صَلاَةُ أوْ نََامَ عَنْهَا فَلْيُصَلِّيْهَا إذَا ذَكَرَهَا

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN