Biografi Dr. KH. Idham Chalid

 
Biografi Dr. KH. Idham Chalid
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: Dens_art1 laduni.ID

Daftar Isi Biografi Dr. KH. Idham Chalid

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Karier di Nahdlatul Ulama (NU)
  5. Aktif di Politik
  6. Keistimewaan

Kelahiran

Dr. KH. Idham Chalid atau yang kerap disapa dengan panggilan Pak Idham lahir pada 27 Agustus 1922 di Setui, dekat Kecamatan Kotabaru, bagian tenggara Kalimantan Selatan. Beliau merupakan anak sulung dari lima bersaudara, dari pasangan H. Muhammad Chalid, penghulu asal Amuntai, Hulu Sungai Tengah, sekitar 200 kilometer dari Banjarmasin.

Wafat

Pak Idham wafat pada tanggal 11 Juli 2010, jam 08.00 WIB di kediamannya Komplek Pesantren Darul Ma’arif, Cipete, Jakarta Selatan, karena sakit yang diderita.

Pendidikan

Sejak kecil Kiyai Idham dikenal sangat cerdas dan pemberani. Saat masuk SR ia langsung duduk di kelas dua karena bakat pidatonya yang mulai terlihat dan terasah.

Selepas SR, Kiyai Idham melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Ar-Rasyidiyyah. Beliau tumbuh dan gandrung dengan pengetahuan. Kiyai Idham mendapatkan banyak kesempatan untuk mendalami bahasa Arab, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan umum. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya ke Pesantren Gontor yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur. Kesempatan belajar di Gontor juga dimanfaatkan Kiyai Idham untuk memperdalam bahasa Jepang, Jerman, dan Prancis.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya