Herbal Asli Indonesia yang Berkhasiat untuk Kesehatan

 
Herbal Asli Indonesia yang Berkhasiat untuk Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil tanaman obat atau herbal terbesar di dunia.  Tanaman herbal merupakan jenis tanaman yang mengandung senyawa tertentu sehingga berfungsi dapat mencegah penyakit.  Sejumlah tanaman obat sering dimanfaatkan karena mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang melakukan budidaya tanaman tersebut.

Berikut akan diulas beberapa jenis tanaman herbal asli Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan :


1. Temulawak (Curcuma zanthorrhiza)

Temulawak merupakan salah satu contoh tanaman herbal yang populer di Indonesia. Tanman ini masih satu keluarga dengan jahe. Temulawak tercatat berasal dari pulau Jawa dan menyebar ke seluruh Indonesia. Temulawak terkenal dapat meningkatkan nafsu makan, dan menurunkan kadar lemak dalam darah. Sehingga, tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan. 


2. Seledri (Apium graveolens)

Selanjutnya, jenis tanaman obat lain yaitu daun seledri. Kebanyakan orang memanfaatkan daun seledri sebagai bahan makanan. Padahal daun seledri merupakan tanman obat yang berkhasiat untuk menurunkan hipertensi. 


3. Mengkudu (Morinda citrifolia)

Mengkudu juga terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang menyimpan sejuta khasiat bagi kesehatan. Mengkudu masih satu keluarga dengan tanaman kopi-kopian. Banyak penelitian yang menyebutkan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat mengobati penyakit jantung dan diabetes. kandungan polisakarida di dalam buah mengkudu juga berfungsi sebagai immunostimulator atau sistem imun. 


4. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus)

Tanaman Kumis kucing juga terkenal sebagai tanaman obat yang berfungsi dapat melancarkan buang air kecil. Sehingga bagi penderita yang mengalami susah buang air kecil baik akibat infeksi atau lainnya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi tanaman kumis kucing.