Training Center Pra Ramadhan Meraih Ridha Ilahi

 
Training Center Pra Ramadhan Meraih Ridha Ilahi



LADUNI.ID, KOLOM- Setiap amalan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang semisal. Kemudian dikecualikan amalan puasa. Amalan puasa tidaklah dilipatgandakan seperti tadi. Amalan puasa tidak dibatasi lipatan pahalanya. Karenanya, amalan puasa akan dilipatgandakan oleh Allah hingga berlipat-lipat tanpa ada batasan bilangan,‎


Kenapa bisa demikian? ‎Karena orang yang menjalani puasa berarti menjalani kesabaran. karena sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang pahala mereka tanpa batas.

Kita sebagai umat Islam dalam menyambut Ramadhan tahun ini untuk memperkuat dan menyambung tali silaturrahmi dan saling meminta maaf atas segala salah dan khilaf.

Ataupun jika ada hati sesama muslim yang pernah tergores akibat sikap, perbuatan atau ucapan kita menyakiti orang lain.

Sedangkan hal yang harus dihindari dalam menyambut Ramadhan adalah menjauhi segala yang tidak bermanfaat untuk memperkuat iman, kepentingan ibadah dan amaliah kita di bulan suci nanti.

Seperti memanfaatkan hari-hari terakhir di bulan Syakban untuk bersenang-senang pergi ke pantai tempat-tempat wisata lainnya, yang lebih akrab dengan suasana maksiat

Orang yang tidak berpenyakit hati dan batinnya, bisa memposisikan dirinya itu siapa, harus bagaimana dan berbuat seperti apa dengan proporsional. Hidupnya tidak dituntun oleh hawa nafsu, tapi aturan dan ridha Allah yang dicari.

Oleh karena itu, hilangnya penyakit hati ini merupakan bekal dari bulan Ramadhan untuk 11 bulan berikutnya hingga bertemu dengan bulan Ramadhan lagi. Sebelum memasuki Ramadhan, umat Islam sudah bisa melakukan persiapan sejak bulan Rajab untuk sterilkan dari sifat-sifat tercela hingga berakhirnya bulan Syakban sebelum Ramadhan.

Jika kita telah lulus seleksi Pra Ramadhan di bulan Rajab dan Syakban, sehingga jiwa raga kita akan adem dan bersih luar dalam. Maka dengan ‎begitu akan kita bisa merasakan dan melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan semata-mata mengharap ridha Allah, dan dosa-dosa kita yang telah berlalu akan diampuni semuanya. Puasa itu memiliki keistimewaan dibanding amalan lainnya.

Amalan lainnya akan kembali untuk manusia, yaitu dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan hingga lebih dari itu.Namun tidak untuk amalan puasa. Amalan tersebut, Allah khususkan untuk diri-Nya. Sehingga pahala puasa pun bisa tak terhingga pahalanya


****Ketua Umum DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh, Tgk Bustamam Usman SHI, MA