Beberapa Makanan yang Sebaiknya Tidak Anda Bekukan

 
Beberapa Makanan yang Sebaiknya Tidak Anda Bekukan

LADUNI.ID, Jakarta - Demi menjaga makanan dan minuman agar tetap segar meski disimpan dalam waktu yang cukup lama, seseorang pasti akan menyimpan makanan atau minuman tertentu di dalam freezer. Bahkan Makanan yang sudah dimasak pun bisa disimpan untuk dihangatkan lagi saat dibutuhkan. Walaupun begitu tidak semua makanan baik untuk dibekukan. 

Sebagai mana dilansir dari Antara dan Daily Mail, berikut ini beberapa  makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer kulkas.

1. Susu

Sebenarnya susu akan baik-baik saja kalau dimasukkan ke dalam freezer, namun rasanya akan kurang enak saat mencair dari keadaan beku. Namun hal itu tak jadi masalah bila susunya dibuat untuk hal lain, misalnya dijadikan smoothie atau bahan membuat ku2e.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau sebaiknya jangan disimpan dalam freezer, karena Sayuran ini mengandung banyak air. Saat dibekukan, air yang menjaga bentuk daun berubah, sehingga sayuran yang tadinya segar berubah jadi basah dan "melempem". Sementara itu, jika sayur tersebut ingin dijadikan jus sayur atau ditumis di penggorengan, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, jika akan dijadikan salad atau hidangan lain di mana sayuran dimakan dalam keadaan mentah, maka jangan pernah disimpan di freezer.

3. Telur

Telur matang boleh saja dimasukkan ke dalam pembeku karena bisa jadi alternatif praktis saat ingin membuat sarapan. Tapi jika masih mentah, freezer bukanlah tempat yang baik untuk menyimpannya. Karena telur mentah di dalam cangkang akan mengembang saat beku, sehingga cangkangnya akan retak dan isinya jadi belepotan.

4. Rempah-rempah

Masa kadaluarsa rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur termasuk lama, namun freezer bukanlah tempat yang cocok untuk membuatnya lebih awet. Sebaiknya, Anda menyimpan bumbu-bumbu di tempat kering agar tidak menggumpal. Karena membekukan bumbu bisa mengubah tekstur dan rasa rempah.


5. Makanan Kaleng

Sebaiknya jangan masukkan makanan kaleng yang belum dibuka di freezer, karena air akan mengembang saat membeku. Bisa saja kalengnya jadi bocor dan membuat freezer Anda jadi berantakan.

6. Daging Matang

Sebaiknya jangan pernah melakukannya pada daging matang. Karena daging matang yang Anda simpan di freezer dapat menyebabkan bahan makanan lain yang berada di dalamnya juga ikut rusak. Hal ini dikarenakan daging matang sudah melalui proses pengolahan dengan berbagai bumbu masak, sehingga rentan terkontaminasi bakteri. Sementara daging mentah boleh-boleh saja disimpan dalam freezer.

Semoga bermanfaat.