Mahasiswa PBA IAIN Pontianak Gelar Seminar Urgensi Bahasa Arab di Era Milenial

 
Mahasiswa PBA IAIN Pontianak Gelar Seminar Urgensi Bahasa Arab di Era Milenial

LADUNI.ID, PONTIANAK - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab adakan reuni akbar alumni dan seminar dengan tema Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab di  Era Milenial, Sabtu, 27/4 bertempat di Gedung Teater IAIN Pontianak .

Syahrono selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab dalam pidato pembukaan acara ia memberikan semangat kepada para mahasiswanya untuk berjuang meningkatkan kualitas bahasa Arab. Bah akan ia mendoakan semoga para mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang masih menjalankan pendidikannya agar segera secepat mungkin lulus S1. Ia juga mengatakan bahwa bahasa itu bisa menjadi capital profit yang artinya modal keuntungan dalam  konteks ekonomi.

Ia  bahkan langsung memberikan tugas untuk seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab untuk menyetor kosa kata kepada teman sekelasnya, kemudian mencatatnya dan menyerahkan catatan tersebut kepadanya .

Kemudian dilanjutkan dengan acara seminar dengan dua narasumber yang dianggap dosen senior yaitu pak Syahroni, S.E.I., MPd. dan ustadz Yusuf Hidayat, SPd.I., MPd. Dan salah satu alumni Pendidikan Bahasa Arab yaitu ustadz Firmansyah  sebagai moderator.

Dalam paparannya, Ustaz Yusuf mengungkapkan betapa pentingnya bahasa Arab, kemudian ia  menjelaskan tentang tema seminar yaitu kalimat frasa diakhir tema yaitu Era Milenial. Ia mengaitkannya dengan revolusi industri 4.0 “Era Milenial ini tidak jauh dengan kalimat era revolusi industri 4.0”. kemudian ia paparkan apa yang dimaksud era revolusi industri tersebut, mulai dari era pertama hingga era saat ini.

Ia kemudian mengaitkan dengan  bagaimana kita bisa mengaitkan era revolusi industri dengan bahasa Arab. Ia kemudian mengatakan bahwa kampus IAIN telah bekerja sama dengan Mesir untuk belajar bahasa Arab secara online. “kita telah punya MoU” tegasnya untuk meyakinkan bahwa belajar online tersebut bukan hal yang ilegal.

“Jaman sekarang kalau mau dengar orang Arab asli yang bicara bahasa Arab, kalian tidak perlu ke Arab. Cukup buka channel-channel Arab untuk belajar bahasa Arab” jelas ia. Menurutnya jaman sekarang tidak ada alasan lagi untuk mengatakan sulit belajar bahasa Arab, yang penting punya kuota, android ataupun laptop.

Ia juga mengatakan jika ingin cepat bisa berbahasa Arab, hal yang paling penting adalah tinggal di boarding school atau pondok pesantren. “saya bukan bisa berbahasa Arab sejak masuk IAIN, pak Syahroni juga bukan bisa berbahasa Arab sejak masuk IAIN, kami mondok”.

Menurutnya , sangat cepat bisa berbahasa Arab jika lingkungannya menggunakan bahasa Arab, misalnya seperti di pondok pesantren. Karena di pondok pesantren teratur, semua santri wajib menggunakan bahasa Arab dan punya punishment jika melanggarnya. (Fawzia/Fauzi)