Mengikuti 5 Cara Rasulullah dalam Menegur Kesalahan Anak

 
Mengikuti 5 Cara Rasulullah dalam Menegur Kesalahan Anak
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sebagaimana manusia biasa, anak-anak pun tak pernah luput dari kesalahan. Terlebih di era digital seperti ini, pengaruh berbagai macam media justru semakin meningkatkan kenakalan anak-anak hingga para remaja. Contohnya, dalam banyak video yang pernah viral di media sosial nampak anak-anak usia sekolah yang tak sungkan melawan atau bersikap tidak sopan terhadap guru mereka, dan beberapa bentuk kenakalan lainnya yang melanggar ketertiban sekolah dan masyarakat.

Sudah tepat jika anak-anak bandel itu harus mendapatkan teguran atas kesalahan yang telah mereka lakukan. Namun kita tidak bisa sembarangan dalam menegur atau menghukum mereka. Seyogyanya kita harus menegur sesuai dengan tuntunan agama. Sebagaimana Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umat Islam dalam hal menegur kesalahan seseorang dengan beberapa cara berikut:

Pertama, yaitu dengan melalui teguran secara langsung sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada Umar bin Abi Salamah. Saat itu Umar memiliki kebiasaan mengulurkan tangan ke berbagai penjuru saat makan. Lalu Rasulullah menegurnya dengan lembut sembari bersabda:

سَمِّ اللَّه، وكُلْ بِيَمِينكَ، وكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

Bacalah basmallah terlebih dahulu! Makanlah dengan tangan kanan dan mulailah dari yang di dekatmu!” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, yaitu dengan melalui sindiran seperti yang Rasulullah SAW lakukan kepada para sahabatnya. Saat itu beliau pernah menyindir dengan mengatakan:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN