Biografi Syekh Hamzah Fanzuri 

 
Biografi Syekh Hamzah Fanzuri 

Daftar Isi Profil Syekh Hamzah Fanzuri

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mendirikan Dayah
  5. Seorang Sufi
  6. Karya-Karya
  7. Referensi

 

Syeikh Hamzah al-Fansuri merupakan ulama cendekiawan, sufi, dan budayawan yang berada  di daerah Aceh.

1. Kelahiran

Beliau berasal dari Pancur sebuah tempat yang berada di Pesisir Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pacur dalam sebutan Arabisasi Fansur, sebagaimana yang menempel di ujung nama Hamzah Fansuri.

Akan tetapi dalam sajak-sajaknya telah disebutkan bahwa beliau berasal dari Shahr Nawi, sebuah kota di Syam tempat bermukimnya pedagang dan ulama’ Islam dari Persia dan Arab, meskipun belum bisa dipastikan mengenai di mana beliau dilahirkan, akan tetapi kedua tempat tersebut penting bagi kehidupan beliau.

Beliau hidup pada pemerintahan Sulthan Alaiddin Riayatsyah (pertengahan abad ke-16 M) hingga awal pemerintahan Sulthan Iskandar Muda Mahkota Alam (awal abad ke-17 M). Bargansky menginformasikan bahwa al-Fansusri hidup hingga akhir masa pemerintahan Sulthan Iskandar Muda (1607-1636).

2. Wafat

Syekh Hamzah Fanzuri wafat dan di makamkan di sebuah kuburan di Oboh Simpang Kanan Singkil.

3. Pendidikan

Syekh Hamzah Fanzuri banyak merantau untuk menuntut ilmu hingga ke Jawa, Semenanjung Tanah Melayu, India, Parsi dan Semenanjung Arab.

Ketika pengembaraannya selesai dari Kudus, Banten, Johor, Siam, India, Persia, Irak, Makkah dan Madinah. Beliau kembali ke Aceh dan mengajarkan ilmunya.

4. Mendirikan Dayah

Pada awalnya, Syekh Hamzah Fanzuri berdiam di Barus, lalu di Banda Aceh yang kemudian ia mendirikan Dayah (pesantren) di Oboh Simpang Kanan Singkil dan di Oboh itulah (ada yang mengatakan antara Singkil dengan Rundeng).

5. Seorang Sufi

Syekh Hamzah Fanzuri adalah tokoh sufi yang terkenal di Aceh. Beliau ahli dalam ilmu fiqh, tasawuf, falsafah, sastra, mantiq, sejarah dan lain-lain, serta fasih berbahasa Arab, Urdu, Parsi di samping bahasa Melayu dan Jawa.

6. Karya-Karya

Karya-karya Syekh Hamzah al-Fansuri yang terkenal di dalam kesusastraan Melayu/ Indonesia, tercatat buku-buku syairnya, antara lain:

  1. Syair burung pingai
  2. Syair dagang
  3. Syair pungguk
  4. Syair sidang faqir
  5. Syair ikan tongkol
  6. Syair perahu
  7. Syair Thair al-‘Uryan

Ada beberapa karangan Syekh Hamzah al-Fansuri yang berbentuk kitab ilmiah antara lain:

  1. Asfarul ‘arifin fi bayaani ‘ilmis suluki wa tauhid
  2. Syarbul ‘asyiqiin
  3. Al-Muhtadi
  4. Ruba’i Hamzah al-Fansuri.

7. Referensi

1. Ulama Nusantara
2. Biografi Syeikh Hamzah Fansuri

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya