Gunung Everest Disterilkan dari 3 Ton Sampah

 
Gunung Everest Disterilkan dari 3 Ton Sampah

LADUNI.ID, Kathmandu - Banyaknya sampah di gunung everest yang mencapai angka 3 ton telah menyebabkan gunung tersebut di juluki Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tertinggi di dunia. Pasalnya, pendakian gunung yang dilakukan selama berpuluh-puluh tahun telah menyebabkan gunung tersebut tercemar dan kotor akibat tidak adanya sikap menjaga lingkungan.

Terkait hal tersebut, pemerintah Nepal mengirimkan tim pembersih sampah yang dikirim khusus ke Gunung Everest dan telah berhasil mengumpulkan tiga ton sampah dalam dua minggu pertama. Diantaranya kaleng kosong, botol, plastik,sampah tenda, peralatan pendakian yang dibuang, tabung gas kosong yang dibuang dari base camp dan daerah sekitarnya. Bahkan kotoran manusia pun turut mengotori rute menuju puncak puncak setinggi 8.848 meter.

Sementara itu, ketika musim pendakian musim semi tahun ini dimulai bulan lalu, pemerintah Nepal mengirim 14 anggota tim dengan target untuk membawa kembali 10 ton sampah dari Everest dalam waktu satu setengah bulan.

"Tim kampanye pembersihan baru saja dimulai dan anggota telah naik ke camp-camp yang lebih tinggi untuk mengumpulkan lebih banyak sampah," ungkap Kepala Departemen Pariwisata Nepal, Dandu Raj Ghimire seperti dikutip dari AFP, Kamis (2/5/2019).

Delapan anggota kini membersihkan Camp 2 di ketinggian 6.400 meter dan tim tiga akan bergantian naik ke Camp 4 di ketinggian 7.950 meter, di mana mereka akan menghabiskan 15 hari untuk mengumpulkan sampah di lereng bersalju itu.Selanjutnya sampah-samp[ah tersebut akan diangkut menggunakan Helikopter militer yang sebagiannya akan didaur ulang.