Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anda yang Baru Lulus Sekolah

 
Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Anda yang Baru Lulus Sekolah

LADUNI.ID, Jakarta - Hampir setiap orang yang duduk dibangku kelas akhir sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, pasti bingung memilih jurusan dan Perguruan Tinggi yang tepat. Terlebih jika belum memiliki minat dan bakat. Hal ini di akibatkan oleh minimnya pengalaman.

Kemudian, hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor kedekatan sama teman sekolah, malah jadi terpengaruh untuk mengikuti kemana mereka melanjutkan kuliah. Oleh karena itu janganlah ikut-ikutan dalam memilih hal tersebut tanpa ada alasan yang tepat, akan tetapi jadikanlah peran seorang teman sebagai konsultan. 

Selain itu, terkadang ada juga siswa yang dituntut oleh orang tuanya untuk memilih jurusan sesuai cita-cita orang tuanya, dan ini akan menjadi sebuah masalah, karena nantinya akan muncul rasa keterpaksaan dalam menjalani kuliah. Namun, diskusikanlah jauh-jauh hari kepada orang tua mengenai jurusan kuliah apa yang hendak dipilih. 

Kemudian pertimbangkan juga minat dan bakat yang dimilki, diskusikan juga dengan guru BK disekolah kesesuaian minat dan bakat jurusan kuliah, hal ini dikarenakan minat akan membuat seseorang bersemangat menjalani perkuliahan dan bakat tentunya akan memudahkan perkuliahan. Sehingga minat dan bakat membuat nyaman dalam menjalani kuliah. Disamping itu, pastikan juga memiliki pengalaman atau prestasi dibidang yang dpilih. Pilihlah sesuai cita-cita dan peluang kerja dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu, pilihlah jurusan kuliah dan perguruan tinggi dengan pertimbangan yang matang dan tentunya dengan diskusi yang matang, baik dengan teman, orang tua dan guru Bk disekolah. Serta perhatikan juga Peluang Kerja dimasa yang akan datang, supaya kuliah kita tidak sia-sia.