Khasiat Luar Biasa dari Buah Kurma

 
Khasiat Luar Biasa dari Buah Kurma

LADUNI.ID, Jakarta - Kurma merupakan buah paling populer di bulan Ramadhan. Berbuka dan sahur dengan buah kurma sangat dianjurkan karena buah kurma mengandung segudang vitamin dan nutrisi di dalamnya yang membuatnya sangat cocok dikonsumsi untuk mencukupi asupan ketika berpuasa. Sehingga, sangat mudah kita jumpai buah kurma di pasar-pasar selama bulan Ramadhan.

Buah kurma sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari kurma ajwah, sukkari, barni, safawi, anbar, mabroom, shishi dan lain-lain. Namun tahukah kamu, apa saja manfaat luar biasa yang dikandung oleh buah kurma. Berikut penjelasannya berdasarkan kutipan dari Boldsky.

1. Meningkatkan Energi dengan Cepat

Kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang cukup tinggi. Memakan satu buah kurma saja maka energi yang didapatkan begitu banyak. Sehingga dapat membuat kamu tetap bersemangat selama menjalani puasa. 

2. Menambah Berat Badan Secara Sehat

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma secara teratur, karena kurma dapat membantu kamu dalam meningkatkan berat badan secara sehat. Kandungan zat gula sehat, vitamin, dan protein di dalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan berat badan.

3. Memperkuat Tulang

Kurma juga mengandung kaya mineral sehingga dapat membantu dalam memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Selain itu, kurma juga mengandung selenium, mangan, dan tembaga yang semuanya membantu dalam meningkatkan kepadatan tulang.

4. Meredakan Sembelit

Bagi penderita sembelit sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma. Karena mengandung serat sehat yang meningkatkan pergerakan usus sehingga mampu meredakan sembelit.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Salah satu vitamin yang dimiliki kurma adalah vitamin A dan P. Vitamin ini memiliki khasiat untuk meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah timbulnya garis halus atau kerutan di kulit kamu.

6. Mencegah Sejumlah Penyakit

Buah kurma terkenal dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kurma diketahui tidak mengandung kolesterol dan rendah kalori. Kemudian, buah yang satu ini juga  dikenal sebagai buah yang dapat mencegah beberapa jenis penyakit  seperti penyakit stroke, jantung, dan kanker.