Serdadu Inggris Tewas Diserang Gajah dalam Aksi Pengawasan Perburuan Liar

 
Serdadu Inggris Tewas Diserang Gajah dalam Aksi Pengawasan Perburuan Liar

LADUNI.ID, Inggris -  Salah seorang tentara Inggris bernama Matthew Talbot tewas akibat diserang gajah saat sedang mengawasi perburuan liar di Malawi, Minggu (5/5). Saat itu ia sedang mendapat tugas untuk mengawasi perburuan liar tersebut. Namun hingga saat ini, belum ada keterangan yang jelas mengenai proses peristiwa tersebut terjadi. 

Matthew diketahui sebagai seorang yang bertekad dan berhati besar dan telah mengabdikan diri untuk melayani negara, kata Letnan Kolonel Ed Launders selaku komandan Talbot. Seperti dikutip dari CNN (8/5).

Mayor Richard Wright, Ketua Kompi, juga mengakui bahwa Matthew sungguh berani merelakan nyawanya demi melindungi satwa langka tersebut agar tetap hidup di masa mendatang. 

Terkait hal tersebut, Sekretaris Menteri Pertahanan Inggris, Penny Mordaunt, mengatakan "Insiden tragis ini menjadi peringatan akan bahaya besar yang dihadapi tentara kita dalam melindungi satwa yang terancam punah akibat perburuan liar oleh para oknum yang hanya mencari keuntungan."

Hilangnya habitat dan perburuan liar menjadi faktor utama yang menyebabkan populasi gajah di Afrika mulai menurun drastis.Seperti sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2016, menyebutkan bahwa penurunan besar-besaran seluruh benua dari 1.3 juta ekor pada 1979 dan kini menjadi 350 ribu ekor.