Teror Ala Khashoggi Dimungkinkan Terjadi Lagi

 
Teror Ala Khashoggi Dimungkinkan Terjadi Lagi

LADUNI.ID, Jakarta - Biro intelijen AS, CIA, mengeluarkan peringatan, putra mahkota Saudi mungkin akan melenyapkan para penentangnya. Hal ini seperti dilansir dari the Guardian bahwa kemungkinan tersebut sama seperti yang terjadi pada Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

CIA, seperti dalam rilis yang dikeluarkan oleh Guardian, telah memperingatkan Iyad el-Baghdadi, aktivis media dan penulis asal Saudi, terkait kemungkinan teror atas dirinya. Sementara itu, El-Baghdadi adalah penentang keras Muhammad bin Salman. Dia menyerukan demokrasi dan reformasi di negaranya. Dia menetap di Norwegia sejak 2015 di bawah perlindungan pemerintah negara itu.

Sebelumnya, pada tanggal 25 April yang lalu, para pejabat Norwegia mendatangi el-Baghdadi di rumahnya untuk menyampaikan peringatan dari CIA. Mereka lalu memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Seorang penulis ini mengaku dirinya telah diincar Saudi. Menurutnya, aparat keamanan Norwegia menanggapi ancaman atas dirinya secara serius.

Selain itu, menurut pernyataan dari Guardian, pihaknya telah menghubungi kedubes Saudi di Washington untuk mengetahui tanggapannya terkait berita ini. Namun pihak kedubes Saudi enggan memberikan komentar.

Adapun El-Baghdadi sendiri telah diketahui dilahirkan di Palestina. Dia dideportasi dari UEA lantaran pendirian-pendiriannya. Tetapi oleh Norwegia dia diberikan suaka politik.