Gurunya Para Guru Itu adalah Syeikh Abu Fadhol Senori

 
Gurunya Para Guru Itu adalah Syeikh Abu Fadhol Senori

LADUNI.ID, Jakarta - Sering sekali Mbah Maimoen Zubair memuji sang guru ketika mengaji ataupun dalam tausiyah-tausiyah beliau. "Ojo isin dadi wong jowo, delok toh Mbah Fadhol Senori. ora tahu ngaji ning arab, tapi geneyo koq iso Alim ngalahno sing ning Arab. Alime koyok ngono, karangane kitab pirang-pirang (Jangan malu menjadi orang Jawa, lihatlah Mbah Fadhol, beliau tidak pernah sekalipun belajar di Arab, tapi kealimanya mengalahkan yang belajar di Arab, betapa alimnya beliau, karangan kitab beliau pun sangat banyak).”

Bahkan kiai Mbah Dimyati Rois juga mengaji Kitab beberapa kitab kepada Mbah Fadhol, seperti Ihya Ulumiddin, Bukhori, Muslim dan lain-lain. Beliau ini merupakan pengarang kitab Tashilul Masalik (syarh Alfiyah ibn Malik), Durrul Farid (membahas masalah tauhid), Kawakibul Lamma'ah, Jauharotus Saniyah (shorof), Kifaayatuthullab (qowaid fiqh), dan banyak lagi kitab karangan beliau yang masih dalam bentuk naskah tulisan biasa dan belum sempat dicetak.

Sempat terdengar, kalau ada beberapa kitab karangan beliau pernah dikaji di negara lain, seperti Turki, mesir mungkin sampai saat ini.

Menurut cerita beliau ini orang sangat sederhana, 'ora muluk-muluk', baik dalam hal mencari rizqi, berpakaian dan lainnya. Seperti dalam hal mencari Rizki suatu ketika saat dagangan beliau sudah mulai lancar, laris. Kemudian, ada orang yang meniru bisnis beliau maka beliau akan berhenti dan mengganti dengan menjual yang lain, memulai dari awal lagi. Wallahu a'lam bisshowab.


Foto: Syeikh Abu Fadhol Senori, Syaikh Abu Fadhol bersama Mbah Maimoen Zubair muda (sekitar tahun 1985), Mbah KH Dimyati Rois (PP. Al-Fadllu Wal Fadlilah. Kaliwungu, Kendal).