Biografi KH. R Muhammad Sudja`i

 
Biografi KH. R Muhammad Sudja`i
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Organisasi, Karier dan Karya
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karier Beliau
4.3       Karya Beliau

5         Referensi

6        Chart Silsilah Sanad

1      Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1     Lahir
KH. R Muhammad Sudja`i terlahir dari pasangan KH. Gozali dengan Hj Siti, Lahir di Sindangsari Cileunyi tahun 1901.

1.2     Wafat
KH. R Muhammad Sudja`i  wafat tahun 1984, dikuburkan di komplek Pesantren Al-Jawami, Cileunyi Bandung.

2       Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1     Mengembara Menuntut Ilmu
Pada masa itu, beliau menuntut ilmu (mesantren) di Cibaduyut Bandung, Gentur Cianjur (KH. Syatibi), Banjar Ciamis, dan Pesantren Sukamiskin dibawah asuhan KH. Dimyati.

Sejak kecil, KH. R Muhammad Sudja`i  mendapatkan pendidikan agama yang  sangat kuat dan disiplin dari kedua orang tuanya. Seperti budaya santri-santri dulu, KH. R Muhammad Sudja`i  mulai mencari ilmu agama di berbagai pesantren. Pesantren yang pertama yang dijejaki oleh beliau adalah di Panyaungan dan berguru kepada KH. Nahizzudin yang jaraknya kurang lebih satu kilometer dari rumahnya.

KH. R Muhammad Sudja`i sempat nyantri di pesantren yang ada di Cinunuk dan beliau belajar pindah ke Cianjur beguru kepada Mama Gentur (KH. Syatibi) Ciamis, di daerah Garut dengan KH. Faqih bin KH. Adza’i kemudian di Sukabumi dan belajar ke pesantren Gunung Puyuh, kemudian belajar lagi ke Banjaran beberapa tahun kemudian pulang lagibelajar di pesantren Suka Miskin di bawah asuhan KH. Dimyati, terakhir itu beliau .

2.2     Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu adalah:

  1. KH. Nahizzudin
  2. KH. Syatibi
  3. KH. Faqih bin KH. Adza’i
  4. KH. Dimyati

2.3     Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

Setelah mondok, beliau mendirikan pesantren Sindangsari. Pendirian pesantren ini didukung penuh dari ayah, paman, dan saudara-saudaranya (H. Tamim, KH. Siroji, dan KH. Dimyati). Pesantren Sindangsari menunjukan perkembangan yang pesat. Tahun 1960, mulai dibangun bangunan yang lebih layak. Pembangunan ini didukung oleh salah seorang mantunya, KH. R. Totoh Abdul Fattah.

Tahun 1977, nama pesantren Sindangsari diubah menjadi Al-Jawami. Pemilihan nama Al-Jawami, kuat dugaan, berdasarkan pengertiannya, lengkap
dan universal. Selain itu, terdapat komitmen untuk mensyi'arkan kitab Ushul Fiqh, Jam'ul Jawami’. Pada tahun tersebut mulai diselenggarakan pendidikan formal disamping mempertahankan pesantren tradisional dengan dibentuknya Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pada perkembangannya didirikan pula lembaga pendidikan tinggi yang bergabung dalam Yapata Al-Jawami.

3        Penerus Beliau

3.1   Anak-anak Beliau
Anak-anak Beliau yang menjadi penerus beliau
 KH. Asep Zaenal Muttaqien, ST, M.Ag

3.2   Murid-murid Beliau
Murid-murid Beliau yang menjadi penerus beliau
1. KH. R. Totoh Abdul Fatah
2. KH. Drs. Aceng Djaeni Dahlan

4      Organisasi, Karier, dan Karya

4.1   Riwayat Organisasi
Organisasi yang pernah beliau ikuti:

 1. Mustasyar NU Kab. Bandung.
 2. Ketua MUI Jawa Barat yang pertama

4.2    Karier Beliau
Pengasuh pesantren Al-Jawami

4.3    Karya Beliau
Kemasyhurannya KH. R. Muhammad Sudja’i tidak lewat dakwah dengan lisan saja beliau sampaikan kepada masyarakat , tetapi lewat karya tulis yang diantaranya :
1. Kitab Risalah Do’a
Tulisan ini menjelaskan tentang berbagai macam do’a-do’anya para nabi Allah dan manfaat dari do’a tersebut. Bagi para pembacanya. Kitab ini ditulis menggunakan huruf pegan dan bahasa sunda pada hari rabu tanggal 18 Muharram tahun1401 bertemoatan pada tanggal 26 November 1980.
2. Kitab Terjemah Syarah Asmaul husna dan Penjelasan Shalawat
Tulisan ini merupakan penjelasan tentang terjemahan dan faedah asmaul husna beserta penjelasan shalawat tafriziyah dan shalawat madhahiyah dengan bahasa sunda dan huruf pegon . kitab ini dibuat pada tanggal 27 Rajab tahun 1373 bertepatan pada bulan April tahun1954.
3. Kitab Irsyadul Awwam
Kita ini terdapat tujuh jilid terdiri dari tiga pembahasan utama. Kitab ini di buat pada hari jum’at tanggal 28 Jumadil Akhir 1375 bertempatan dengan tanggal 10 Februari 1956.

5       Referensi

https://muijabar.wordpress.com/2012/06/08/tokoh-kh-r-sudjai-mama-sindangsari-awal-pembentukan-mui-dan-perjuangan-kemerdekaan/

6      Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. R Muhammad Sudja`i dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 17 Januari 2022, dan terakhir diedit tanggal 09 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya