Trump Diperkirakan Akan Menunda Keputusan Tarif Otomatis Hingga Enam Bulan

 
Trump Diperkirakan Akan Menunda Keputusan Tarif Otomatis Hingga Enam Bulan

LADUNI.ID,  Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan menunda keputusan untuk mengenakan tarif pada mobil dan suku cadang yang diimpor hingga enam bulan, tiga pejabat administrasi Trump yang mengatakan, menghindari terbukanya lagi pertempuran perdagangan globalnya.

Pengumuman resmi diharapkan pada hari Sabtu, tanggal jatuh tempo bagi Trump untuk membuat keputusan atas rekomendasi Departemen Perdagangan untuk melindungi industri mobil AS dari impor dengan alasan keamanan nasional, kata para pejabat itu.

Mereka menambahkan bahwa pemerintah telah merancang bahasa untuk secara resmi menunda keputusan tentang tarif yang akan jatuh tempo pada 18 Mei.

Para pembuat mobil memperkirakan bahwa Trump akan menunda keputusan tersebut saat negosiasi perdagangan sedang berlangsung dengan Uni Eropa dan Jepang.

General Motors Co, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan lainnya telah memperingatkan dampak merusak dari pengenaan tarif hingga 25 persen pada mobil dan suku cadang impor.

Gedung Putih telah mengadakan serangkaian pertemuan tingkat tinggi tentang masalah ini dalam beberapa hari terakhir, dan pejabat administrasi telah berulang kali mengatakan kepada para pembuat mobil bahwa mereka berencana untuk menunda keputusan.

Pada bulan Februari, Departemen Perdagangan menyerahkan laporan keamanan nasional "Bagian 232" kepada Gedung Putih. Badan itu sedang menyelidiki apakah impor merusak keamanan nasional AS dengan melemahkan kemampuan pembuat mobil Amerika untuk berinvestasi dalam teknologi masa depan. Rekomendasi khusus Departemen Perdagangan belum terungkap.

Serangkaian pengumuman oleh GM minggu lalu sebesar $ 700 juta dalam investasi di tiga pabrik Ohio dan upaya untuk menjual pabrik Lordstown yang ditutup perusahaan telah membuat Trump lebih cenderung menunda tarif, kata pejabat administrasi kepada Reuters pekan lalu.

Pada saat yang sama, Trump telah meningkatkan perang dagangnya dengan China, dengan tajam meningkatkan tarif barang-barang Tiongkok senilai $ 200 miliar dan meluncurkan konsultasi publik tentang sisa impor Tiongkok sekitar $ 300 miliar.

Tarif otomatis menghadapi oposisi luas di Kongres. Gedung Putih telah menolak untuk menyerahkan laporan Departemen Perdagangan kepada Senator Republik Chuck Grassley, ketua Komite Keuangan Senat, yang telah menuntut untuk melihatnya.

Pekan lalu, 159 anggota Dewan Perwakilan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komite Cara dan Sarana Terri Sewell menulis Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih Larry Kudlow untuk mendesaknya agar memberi nasihat kepada Trump agar "memberlakukan pembatasan perdagangan yang dapat membahayakan sektor otomotif dan ekonomi Amerika."

Surat dari 79 Demokrat dan 81 Republik, yang dilihat oleh Reuters, memperingatkan bahwa memberlakukan tarif pada bagian-bagian dalam mobil "mungkin tumpang tindih dengan sepeda motor, kendaraan rekreasi, peralatan konstruksi, truk tugas berat, peralatan pertanian, kendaraan olahraga, dan lain-lain."

Pejabat administrasi mengatakan ancaman tarif pada mobil adalah cara untuk memenangkan konsesi dari Jepang dan Uni Eropa. Tahun lalu, Trump setuju untuk tidak mengenakan tarif selama pembicaraan dengan kedua mitra dagang berjalan dengan cara yang produktif.

Industri itu mengatakan tarif hingga 25 persen pada jutaan mobil dan suku cadang yang diimpor akan menambah ribuan dolar untuk biaya kendaraan dan berpotensi menyebabkan ratusan ribu kehilangan pekerjaan di seluruh ekonomi AS.

"Kasusnya tetap jelas - mobil bukan ancaman keamanan nasional," Aliansi Produsen Mobil, kelompok perdagangan yang mewakili GM, VW, Toyota dan produsen lainnya, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Kami sangat prihatin bahwa pemerintah terus mempertimbangkan untuk mengenakan tarif otomatis."

Laporan penelitian industri otomotif yang dirilis tahun lalu memperkirakan bahwa harga kendaraan tugas ringan AS akan naik rata-rata $ 2.750, termasuk kendaraan buatan AS, mengurangi penjualan tahunan AS sebesar 1,3 juta unit dan memaksa banyak konsumen ke pasar mobil bekas.