Filipina Tarik Dubesnya dari Kanada

 
Filipina Tarik Dubesnya dari Kanada

LADUNI.ID, Filipina - Sebagaimana diketahui, Filipina menarik duta besar dan konsul jenderalnya di Kanada setelah kedua negara tersebut bertikai terkait pengiriman kontainer yang berisikan sampah ke negara tersebut. Akibat pengiriman tersebut, relasi kedua negara kian memburuk.
 
Adapun  kontainer sampah tersebut  dikirim dari sebuah perusahaan di Kanada yang tidak disebutkan namanya. Perusahaan ini mengirim sekitar 100 kontainer berisikan sampah busuk yang salah diberi label sebagai sampah daur ulang ke pelabuhan Filipina pada 2013 dan 2014 lalu.

Terkait hal tersebut, Teodor Locsin, selaku Menteri Luar Negeri Filipina, mengatakan bahwa pihaknya telah melayangkan surat perintah pemulangan dubes dan konsulnya. Ia menuturkan kedua perwakilan pemerintahnya di Kanada itu akan berada di Manila selama beberapa hari.

"Kanada melewati batas tenggat waktu pada 15 Mei lalu. Dan kami menempatkan perwakilan diplomatik yang terbatas di Kanada sampai kargo-kargo sampah itu dikirim kembali ke negara itu," ungkap Locsin di Twitter, Kamis (16/5).

Selain itu, sekitar 69 kontainer sampah masih tersisa setelah 34 lainnya dibuang di negara itu. Departemen Bea Cukai Filipina pun mengatakan siap mengirim kembali limbah tersebut. Namun, Kanada menuturkan butuh beberapa minggu lagi untuk menyiapkan dokumentasi dan administrasi lainnya terkait pengiriman.