STAI Pati

 
STAI Pati

PROFIL
Kampus Lama STAIP (STIT) di Jl KHA Wahid Hasyim No. 3 Pati sejak 1985-2000 Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP) yang sekarang ini pada dasarnya didirikan oleh Yayasan Pendidikan Islam Pati (YAPI) dilatarbelakangi oleh kegelisahan dari sebagian tokoh pendidikan dan ulama di Kabupaten Pati. Di antara mereka adalah KH Drs. Masyhud Isran selaku Ketua YAPI yang merasakan kegersangan dalam keberagamaan masyarakat di Kabupaten Pati. Dengan dukungan berbagai pihak didirikanlah sebuah lembaga pendidikan tinggi dengan dilandasi 2 (dua) buah rekomendasi pendirian, yaitu :

  1. Rekomendasi Bupati KDH Tingkat II Pati, No.421.4/940 tanggal 28 Pebruari 1986 dan,
  2. Rekomendasi Kopertais Wilayah X jawa Tengah No.36/Kop.X/V/1986 tanggal 13 Mei 1986.

Dalam perjalanan selanjutnya, Perguruan Tinggi Islam ini mengalami beberapa perubahan nama, hal ini karena tuntutan perkembangan peraturan yang berlaku di bidang pendidikan di Indonesia. Pada awalnya (1985) nama perguruan Tinggi Islam ini bernama Institut Agama Islam Pati (IAIP) dengan 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah.

Tiga tahun setelah berdiri, tepatnya pada tahun 1989, Institut Agama Islam Pati (IAIP) mengalami perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pati. Perubahan tersebut terjadi dalam rangka merespon SK Menteri Agama RI No. 167/1989 tanggal 12 Juli 1989 tentang pengesahan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Dengan beruubahnya IAIP menjadi STIT menununtut dilikuidasinya Fakultas Syari’ah dan hanya satu Bidang Ilmu Islam yang dibuka, yaitu Ilmu Tarbiyah.

Kemudian pada Tahun 2000 didirikan Gedung Perkuliahan yang pada tahun itu juga peresmiannya dilakukan oleh Menteri Agama RI Drs. KHM Tolchah Hasan pada tanggal 10 Pebruari 2000. Gedung perkuliahan ini telah memberikan semangat lebih bagi pengelola yang dengan susah payah menghadapi berbagai tantangan dan hambatan baik dari dalam maupun dari luar untuk terus maju mengembangkan Perguruan Tinggi Islam ini. Gedung Perkuliahan STAIP dibangun pada 2003-2004 Pada masa-masa selanjutnya STAIP mengalami perkembangan yang cukup signifikan baik dari aspek jumlah mahasiswa maupun sarana dan prasarananya.

Pada Tahun 2003-2004 STAIP berhasil menambah lokal perkuliahan dengan memba-ngun se-buah gedung ber-lantai dua di sebelah selatan gedung perkantoran dan musholla yang telah ada sebelumnya. Dan pada Tahun 2005-2006 STAIP mengembangkan gedung perkantoran dan perkuliahan yang berlantai satu menjadi berlantai dua. Gedung Perkantoran yang tadinya satu lantai dikembangkan menjadi gedung dua lantai (2007).

Dari sisi perkembangan program perkuliahan, hingga saat ini STAIP telah memiliki Program S1 Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah dan Program S1 Prodi Ahwal Syakhshiyyah (AS) Jurusan Syari’ah. STAIP juga sempat membuka Program Diploma II (PGAI SD/MI) pada Tahun 2002 -2006 sebelum ditutup dan tidak menerima mahasiswa program D2 lagi sejak Tahun Akademik 2006/200

PROGRAM STUDI (PRODI)
1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
3. Ahwal Syakhshiyyah (AS

ALAMAT
Jl. Kampus Raya No. 5 Margorejo Pati
 Telepon:  (0295) 386167
Kode Pos: 59163
Email: staippati@yahoo.com
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://staipati.ac.id/

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

 

Tags