Beberapa Pesan Motivasi dari KH. Maimun Zubair (Mbah Moen)

 
Beberapa Pesan Motivasi dari KH. Maimun Zubair (Mbah Moen)

LADUNI.ID, Jakarta - KH. Maimun Zubair atau lebih akrab disapa dengan Mbah Moen merupakan seorang ulama dan kiai sepuh ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama. Ulama kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928 (90 tahun) ini, juga dikenal sebagai ulama yang selalu dinantikan pencerahanya oleh banyak orang. Pasalnya, nasehat dan petuah beliau selalu terasa menyejukkan suasana ketika terjadi masalah  besar atau isu yang sedang menjadi bahasan banyak orang. Tidak jarang para santri mengumpulkan pesan-pesan beliau sebagai motivasi pribadi ataupun sesama.

Berikut ini, beberapa pesan motivasi dari beliau :

  1. Apabila engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah, barangkali itu menjadi penyebab dirimu mendapatkan ampunan di akhirat.
     
  2. Apabila engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa menggangu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah, barangkali perbuatanmu itu menjadi penyebab dimudahkan jalanmu menuju syurga.
     
  3. Apabila engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka ambillah kemudian susulkan ia dengan induknya, semoga hal tersebut menjadi penyebab  bagimu dikumpulkan oleh Allah bersama keluargamu di surga.
     
  4. Apabila engkau melihat orang tua membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia, barangkali hal tersebut mejadi sebab dimudahkan rezekimu di dunia ini.
     
  5. Apabila engkau bukan seorang yang mengusai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah "Alif, Ba, Ta" kepada anak2 mu, setidaknya hal tersebut menjadi amal jariyah  untukmu yang tidak akan terputus pahalanya walaupun engkau berada di alam kubur.
     
  6. Apabila engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali, maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti orang lain, setidaknya hal tersebut menjadi  sedekah untuk dirimu.

Terkait amalan kecil namun membawa kerberkahan dan mendapat Ridha Allah SWT karena niat yang ikhlas, Al-Imam Ibnu Al-Mubarak Rahimahullah berkata:

رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ 

“Berapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya”

Disamping itu, Rasulullah SAW juga bersabda:

 لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya)bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum".(HR. Muslim)

 Semoga Bermanfaat.