Lailatul Qadar#3: Shalat  Sunat Malam Lailatul Qadar dan Wiridnya

 
Lailatul Qadar#3: Shalat  Sunat Malam Lailatul Qadar dan Wiridnya

LADUNI. ID, SHALAT -Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah, salah satu diantaranya shalat sunat malam lailatul qadar. Shalat ini minimal di kerjakan dua rakaat bahkan ada yang 12 rakaat.

Bacaan surat yang dianjurkan setelah al-Fatihah surat al-Ikhlas tujuh kali pada setiap rakaat. Namun ada juga yang menyebutkannya di bacaan surat yang dianjurkan berupa surat At-Takatsur 1 kali kemudian Al ikhlas 3 tiga atau Al-Qadr.

Setelan dilakukan salam juga dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 70 kali. Hal ini sebagaimana di sebutkan dalam sebuah hadist berbunyi: "Dari Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam, bahwasannya beliau bersabda :“ barangsiapa yang menjalankan sholat pada malam Lailatul Qadr sebanyak 2 (dua) rakaat , didalam setiap rokaatnya setelah membaca Al Fatihah (1) satu kali , kemudian membaca surat Al-Ikhlas 7 (tujuh) kali dan setelah salam membaca Astaghfirullahal azhiim wa atubu ilaih 70 (tujuh puluh) kali , maka selama dia mendirikannya Allah akan mengampuni dirinya dan kedua orang tuanya dan Allah Ta’ala akan mengutus Malaikat untuk menanam (untuknya) pepohonan di Surga, membangun gedung-gedung dan mengalirkan sungai-sungai didalamnya, dan dia ( orang yg menjalankan sholat Lailatul Qadr ) tidak akan keluar dari dunia sehingga dia pernah melihat seluruhnya. “(HR. Ibnu Abbas)

Di samping itu banyak juga zikir yang di sunatkan setelah shalat tersebut diantaranya:

Laa Illaha Illa Allah, Wahdahu laa Syarikalahu, Lahul Mulku Wa lahul Khamdu wa huwa hayyun daa-imun Laa yaa muutu Biyadihil Khair, wa Huwa 'ala Kulli syai-in Qadir. (33x)

Juga baiknya di tambah dengan wirid atau doa berikutnya berbunyi: "Subhannallahu wa bi hamdihi, subhannallahil 'adziem, Astaghfirullah." dibaca 101kali