Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium4
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie Jember

Profil
Pondok pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie berdiri pada 1987 dan didirikan oleh KH. Drs. Achmad Nashihin AR. Setelah beberapa tahun kemudian, mulailah berdiri pendidikan formal yang pertama berdiri yaitu MI Miftahul Ulum yang diprakarsai oleh beberapa tokoh masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan berdirinya MTs. Akbar, SMA Plus, SMK, SMP dan SD Darul Hikmah yang letaknya di kelurahan Kranjingan kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, selain dari pada itu berdiri lembaga Non Formal yaitu : Madrasah Diniyah, TPQ dan TPA serta Lembaga bimbingan haji yang terkenal dengan nama “KBIH AL-GHAZAALIE” Dan AL-GHAZAALIE CITRA UTAMA.

Pondok Pesantren ”DARUL HIKMAH” berdiri atas dasar kebersamaan pemikiran para tokoh masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kelurahan Kranjingan kecamatan Sumbersari, seiring dengan perkembangn mts akbar mulai di lengkapi dengan sarana dan prasarana yanng memadai serta di dukung tenaga tenaga pendidik yang profesional serta berkualitas dan kompeten dibidangnya.

Sejarah
Awal mula berdirinya pesantren ini lantaran ada salah seorang warga yang bernama H. Abdur Rahman sowan kepada Kyai Abdus Shomad dengan tujuan mewaqafkan tanahnya untuk dijadikan pesantren. Pada mulanya Kyai Abdus Shomad kurang begitu merespon permintaan orang tersebut. Karena keinginan H. Abdur Rahman begitu kuat untuk menghibahkan tanah tersebut, maka ia sowan kembali untuk kedua kalinya, sehingga Kyai Abdus Shomad menerima tawaran hibah tanah tersebut dan meminta Achmad Nashihin muda untuk menempati tanah waqaf itu setelah melalui beberapa proses.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.