Pesantren Bina Insani Susukan, Kab. Semarang

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Bina Insani Susukan, Kab. Semarang

Profil
Merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam non formal berupa pondok pesantren moderen yang berdiri sejak tahun 1999 pada tanah seluas 7025 m2. Lokasi Pondok pesantren Bina Insani terletak di Dukuh Baran, Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Pondok pesantren Bina Insani resmi berdiri pada tanggal 14 april 2002 di bawah naungan yayasan pendidikan Islam Haji Achmad Khamim.

Pondok Pesantren Bina Insani berdiri sebagai lembaga pendidikan Islam non formal yang muncul sebagai lembaga pendidikan non profit (tidak mencari keuntungan). Walaupun dengan komitmen yang  semacam itu Pondok pesantren Bina Insani tetap berusaha mengupayakan pendidikan yang berkualitas tetapi terarah dengan biaya yang ringan.

Tujuan didirikanya pondok pesantren ini adalah untuk membangun, mengarahkan dan mencetak insan seutuhnya, sebagai calon ilmuwan dan ulama’ yang mempunyai pengetahuan agama dan umum secara seimbang melalui pendidikan terpadu antara pendidikan umum kepesantrenan, ketrampilan serta penanaman akhlaq Islami. Pendidikan di Pondok Pesantren Moderen Bina Insani memadukan sistem pendidikan tradisional dan moderen dengan spesialisasi yang jelas dan terarah.

Pengasuh
KH. Muhsoni Muhammad Munzaini, S. Ag. M.Pd.
KH. Dr. Zuhroni, M.A

Pendidikan

  1. Pendalaman kitab-kitab kuning dengan sistem terpadu   antara metode maudhi dan tahlil, menghindari terjadinya pengulangan materi. 
  2. Konsentrasi ilmu-ilmu Arab (Kebahasaan)sebagai modal dasar pendalaman ilmu agama.
  3. Praktek pidato dan khutbah dalam bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan Jawa.bagi siswa di tambah praktek di luar sekolah.
  4. Mewajibkan  santri belajar Al-Qur’an hingga Khatam,hafal ju’amma bagi santri SMP dan santri SMA ditambah dengan surat-surat pilihan. Bagi santri SMA ditambah dengan surat-surat pilihan. Bagi santri yang berbakat menghafalkan diarahkan dan dididik untuk 30 juz.

Pendidikan Formal
1. SMP dan Madrasah Wusto
2. SMA dan Madrasah ‘Ulya

Pendidikan Informal
Madrasah Diniyah dan Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Seni baca Al-Qur’an, Murottal, Adzan
2. Pidato bahasa (Arab, Inggris, Indonesia, Jawa)
3. Pramuka
4. Komputer
5. Kaligrafi dan Letter
6. Tata Boga
7. Berbagai Macam olah raga
8. Seni Bela diri atau Pencak Silat
9. Seni Musik Islami ( Hadrah, Rebana Alternatif ).

Alamat
Dsn. Baran, Ds. Ketapang, Kec. Susukan, Kab. Semarang
Kode Pos: 50777
Telepon:  (0298) 615145
Email: ppmbinsa_99@yahoo.com

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.