Segudang Manfaat Minyak Zaitun bagi Ibu Hamil

 
Segudang Manfaat Minyak Zaitun bagi Ibu Hamil

LADUNI.ID, Jakarta -  Minyak zaitun merupakan minyak yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan. Tiap tetes minyak zaitun mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic, serta zat besi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. Kemudian, dalam 100 gram minyak zaitun diketahui terdapat 884 kalori yang terkandung. 

Berdasarkan manfaat yang dikandung dari minyak zaitun, maka tak jarang ibu hamil yang memanfaat minyak zaitun untuk memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Berikut sejumlah khasiat luar biasa dari minyak zaitun bagi ibu hamil :

1. Membantu melancarkan proses persalinan
Minyak zaitun diketahui dapat membantu melancarkan proses persalinan. hal ini disebabkan minyak zaitun yang kaya vitamin K dapat mendukung proses koagulasi darah. Mekanisme inilah yang bisa membantu ibu saat persalinan nantinya. Kemudian kandungan Vitamin C dalam minyak zaitun pun bisa membantu menjaga sirkulasi darah sehingga bisa memasok oksigen ke otak dan organ lain yang penting untuk kelahiran sehat.

2. Mengurangi stretch mark
Stretch mark merupakan masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Minyak zaitun yang kaya akan lemak tak jenuh seperti polifenol, akan efektif mencegah masalah pada ibu hamil seperti stretch mark. caranya cukup dengan mengoleskannya secara langsung pada perut, pinggul, dan payudara.

3. Perkembangan ginjal dan pankreas janin
Minyak zaitun mengandung Vitamin E. vitamin ini merupakan salah satu komponen yang membantu bayi mama beradaptasi lebih baik di lingkungan yang dipenuhi oksigen, saat ia lahir. Mengonsumsinya minyak zaitun secara rutin diketahui bisa membantu bayinya untuk mengembangkan ginjal dan pankreas yang lebih baik.

4. Perkembangan otak janin
manfaat lain dari konsumsi minyak zaitun adalah bisa meningkatkan fungsi dan perkembangan otak. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin selama masa hamil. 

5. Perkembangan jantung janin dan berat janin sehat
Minyak zaitun kaya akan omega-3 yang diketahui bisa menunjang kesehatan jantung janin. Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur selama kehamilan diketahui berdampak positif terhadap panjang dan berat janin.

6. Perkembangan sistem syaraf janin
Khasiat lain dari minyak zaitun adalah membantu perkembangan sistem syaraf janin. Seperti kita ketahui, minyak zaitun kaya akan lemak sehat atau omega-3 yang berfungsi untuk menghasilkan sistem saraf dan kekebalan yang sehat pada bayi serta membantu perkembangan intelektual dan perkembangan jantung yang sehat.