Kesehatan Assange WikiLeaks Makin Parah ketika Tampil di Tautan Video Sidang Ekstradisi A.S.

 
Kesehatan Assange WikiLeaks Makin Parah ketika Tampil di Tautan Video Sidang Ekstradisi A.S.

LADUNI.ID, Amerika Serikat sedang mencari ekstradisi Assange, 47, yang diseret dari kedutaan Ekuador di London pada 11 April. Dia menghadapi total 18 tuntutan pidana dan dekade AS di penjara jika terbukti bersalah.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, pada hari Kamis terlalu sakit untuk muncul melalui tautan video dari penjara Inggris dalam dengar pendapat mengenai permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat, kata pengacaranya.

"Dia sebenarnya jauh dari baik," kata pengacara Assange, Gareth Peirce kepada Pengadilan Westminster Magistrates. Dia sebelumnya mengatakan kepada wartawan bahwa dia terlalu sakit untuk menghadiri sidang dengan videolink.

Hakim Emma Arbuthnot, yang memimpin kasus ini, menambahkan: "Dia tidak terlalu baik."

WikiLeaks mengatakan memiliki keprihatinan besar tentang kesehatan Assange dan bahwa ia telah dipindahkan ke bangsal kesehatan di penjara keamanan tinggi Belmarsh London.

"Selama tujuh minggu di Belmarsh kesehatannya terus memburuk dan berat badannya turun secara dramatis," tambahnya dalam sebuah pernyataan. "Keputusan otoritas penjara untuk memindahkannya ke bangsal kesehatan berbicara untuk dirinya sendiri."

Kementerian Kehakiman Inggris mengatakan tidak bisa mengomentari tahanan individu. Namun, sebuah sumber pemerintah mengatakan bahwa meskipun Assange berada di bagian kesehatan penjara, ia makan secara normal dan menerima diet yang sama dengan narapidana lainnya.

Sidang selanjutnya tentang permintaan ekstradisi ditetapkan untuk 12 Juni.

Assange, yang menghabiskan hampir tujuh tahun bersembunyi di kamar-kamar sempit di kedutaan Ekuador di London, telah berulang kali mengatakan dia takut ekstradisi ke Amerika Serikat.

Pengagumnya memuji dia sebagai pahlawan karena mengekspos apa yang mereka gambarkan sebagai penyalahgunaan kekuasaan oleh negara-negara modern dan untuk memperjuangkan kebebasan berbicara.

Para pencela mengecapnya sebagai sosok berbahaya yang terlibat dalam upaya Rusia untuk merusak keamanan Barat dan AS, dan membantah bahwa ia adalah seorang jurnalis.

Awal bulan ini, ia dijatuhi hukuman 50 minggu penjara oleh pengadilan Inggris karena melewatkan jaminan setelah melarikan diri ke kedutaan Ekuador.

Amerika Serikat telah menuduh Assange dengan spionase, dengan mengatakan dia menerbitkan secara tidak sah nama-nama sumber rahasia dan bersekongkol dengan dan membantu mantan analis intelijen Angkatan Darat Chelsea Manning dalam memperoleh akses ke informasi rahasia.

Departemen Kehakiman AS telah mengatakan bahwa dengan menerbitkan identitas mereka, ia membahayakan kehidupan sumber-sumber yang mencakup warga Afghanistan, Irak, jurnalis, pemimpin agama, pembela hak asasi manusia dan pembangkang politik dari rezim yang represif.

Assange menjadi berita utama internasional pada 2010 ketika WikiLeaks menerbitkan video militer rahasia AS yang menunjukkan serangan 2007 oleh helikopter Apache di Baghdad yang menewaskan belasan orang, termasuk dua staf berita.

WikiLeaks membuat marah Washington dengan menerbitkan ratusan ribu jaringan diplomatik rahasia AS yang memberikan penilaian kritis AS terhadap para pemimpin dunia, dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada anggota keluarga kerajaan Saudi.

Baca Juga

Akibat Perang Dagang, Kesengsaraan Tesla Mengirim Sel Surya A.S. Panasonic ke Filipina