Tips Agar Kumpul-kumpul Lebih Berkualitas tanpa Gadget

 
Tips Agar Kumpul-kumpul Lebih Berkualitas tanpa Gadget

LADUNI.ID, Agar acara kumpul-kumpul menjadi lebih asyik tanpa harus terganggu ponsel, coba buat beberapa peraturan. Misalnya:

'Puasa' ponsel
Acara reuni sejatinya memang digunakan sebagai ajang untuk kangen-kangenan dan mengobrol satu sama lain sambil melihat emosi yang terpancar dari wajahnya. Hal seperti ini tidak bisa didapatkan jika mengobrol lewat chattingan.

Namun kehadiran ponsel pintar tanpa disadari memang membuat penggunanya menarik diri dari kehidupan nyata. Karena itu coba buatlah kesepakatan bersama dengan keluarga atau teman Anda bahwa semua orang yang berada di acara itu harus 'puasa' menggunakan ponsel.

Buat aturan, mereka tidak diperbolehkan mengecek ponsel selama sedang berkumpul, kecuali ada panggilan telepon darurat. Atau diperbolehkan membuka ponsel setiap 1-2 jam sekali saja. Kalau ada yang melanggar maka dia harus dikenakan denda, misalnya. Cara ini juga bisa diterapkan untuk mengatasi kecanduan menggunakan gadget.

Masukkan agenda 'bermain' atau kegiatan fisik
Ketergantungan pada gadget muncul karena adanya rasa bosan atau pengguna tidak memiliki aktivitas lain. Karena itu kumpul-kumpul dengan teman tidak melulu harus nongkrong di cafe atau restauran, tidak semua orang suka nongkrong. 

Solusinya, kamu bisa mengajak teman atau keluargamu untuk kumpul di tempat terbuka. Misalnya olahraga bersama, bermain flying fox, naik gunung atau melakukan kegiatan fisik lainnya yang kalian sukai. Dengan bergerak, selain bisa berkumpul menghabiskan waktu yang berkualitas, tubuh juga menjadi sehat. 

Matikan notifikasi
Tips lainnya agar acara kumpul tidak terganggu ponsel adalah matikan notifikasi. Bunyi notifikasi dari ponsel secara psikologis dapat mengganggu perhatian. Sebab kita jadi penasaran untuk membaca pesan yang masuk.

Demikian, Semoga Bermanfaat!