Donald Trump Memasuki Krisis Brexit di Inggris

 
Donald Trump Memasuki Krisis Brexit di Inggris

LADUNI.ID, Presiden AS Donald Trump dan istrinya, Melania, akan disuguhi pajangan arak-arakan kerajaan Inggris selama kunjungan 3-5 Juni, makan siang dengan Ratu Elizabeth, minum teh bersama pewaris Pangeran Charles, perjamuan di Istana Buckingham, dan tur ke Westminster Abbey, gereja penobatan raja Inggris selama 1.000 tahun.

Trump tiba di Inggris pada hari Senin dalam kunjungan kenegaraan yang sarat dengan risiko diplomatik, setelah dipermalukan oleh Perdana Menteri Theresa May yang akan keluar karena Brexit dan menantangnya untuk lebih keras dalam berurusan dengan Huawei China.

Di luar kemegahan, presiden AS ke-45 yang dengan bangga tidak dapat diprediksi juga mengajukan tuntutan, Dia memuji seorang calon pengganti Brexit yang lebih radikal hingga Mei dan utusannya mendesak sikap Inggris yang lebih keras terhadap raksasa telekomunikasi Huawei.

Dalam wawancara dengan surat kabar Sunday Times, Trump mengatakan pemimpin Inggris berikutnya harus mengirim Brexiteer Nigel Farage untuk melakukan pembicaraan dengan Uni Eropa. Inggris harus meninggalkan UE tahun ini, kata Trump.

"Mereka harus menyelesaikannya," katanya. "Mereka harus membuat kesepakatan ditutup."

"Jika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, aku akan pergi. Jika Anda tidak mendapatkan kesepakatan yang adil, Anda pergi. "

Trump mengulangi dukungannya bagi para kandidat untuk menggantikan May yang mengatakan Inggris harus pergi pada tanggal 31 Oktober yang jatuh tempo dengan atau tanpa kesepakatan.

Para kandidat itu termasuk mantan menteri luar negeri Boris Johnson, yang dipuji Trump dalam wawancara dengan surat kabar Sun pada hari Jumat, bersama dengan mantan menteri Brexit Dominic Raab dan menteri dalam negeri Sajid Javid.

Trump mengatakan itu adalah kesalahan bagi Konservatif untuk tidak melibatkan Farage, pemimpin Partai Brexit, dalam pembicaraan dengan Brussels setelah keberhasilannya dalam pemilihan Parlemen Eropa bulan lalu.

“Aku sangat menyukai Nigel. Dia memiliki banyak hal untuk ditawarkan, dia adalah orang yang sangat pintar, ”kata Trump. "Mereka tidak akan membawanya tetapi berpikir seberapa baik yang akan mereka lakukan jika mereka melakukannya. Mereka belum mengetahui hal itu. "

Pada tagihan pemutusan Brexit, Trump berkata: "Jika saya adalah mereka, saya tidak akan membayar 50 miliar dolar. Itu jumlah yang luar biasa. ”

Pertemuan dengan Johnson, favorit untuk menggantikan May, atau Farage, seorang juru kampanye anti kemapanan yang bombastis, akan dianggap sebagai penghinaan bagi May yang mundur setelah gagal menegosiasikan kesepakatan Brexit yang dapat diratifikasi parlemen.

Para pejabat Inggris secara pribadi prihatin bahwa Trump dapat menimbun lebih lanjut pada May, yang berjuang dengan sia-sia untuk menyatukan Konservatif yang berkuasa di belakang kesepakatan dan menangis ketika mengumumkan berakhirnya jabatan perdana menteri di Downing Street bulan lalu.

Pada kunjungan terakhirnya ke Inggris, pada bulan Juli tahun lalu, Trump mengejutkan pendirian politik Inggris dengan memalu negosiasi May Brexit karena terlalu lemah dengan Uni Eropa dan dengan memuji saingannya Johnson sebagai calon perdana menteri yang "hebat".

Penasihat keamanan nasional Trump John Bolton mengatakan pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat tidak ingin "mendapatkan di tengah" dari Brexit atau diskusi tentang kebijakan pemerintah berikutnya.

Bolton menepis kekhawatiran tentang Brexit: "Anda tahu, Amerika menyatakan kemerdekaannya sekali, kita berhasil baik-baik saja," gurunya.

Brexit adalah langkah geopolitik yang paling signifikan bagi Inggris sejak Perang Dunia Kedua dan jika itu pernah terjadi, London akan lebih bergantung pada Amerika Serikat karena ikatan longgar dengan 27 anggota UE lainnya.

Pada pertemuan dengan Mei, Trump akan memperingatkan Inggris bahwa kerja sama keamanan dapat dirugikan jika London memungkinkan Huawei China berperan dalam membangun bagian-bagian dari jaringan 5G, generasi berikutnya dari teknologi seluler.

Pemerintahan Trump mengatakan kepada sekutu untuk tidak menggunakan teknologi dan peralatan 5G karena khawatir akan memungkinkan China memata-matai komunikasi dan data yang sensitif. Huawei menyangkal itu, atau bisa jadi, kendaraan untuk intelijen Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan kepada Inggris bulan lalu bahwa mereka perlu mengubah sikapnya terhadap China dan Huawei, menjadikan ekonomi terbesar kedua di dunia itu sebagai ancaman bagi Barat, mirip dengan yang pernah dilakukan oleh Uni Soviet.

Apa yang disebut hubungan khusus Inggris dengan Amerika Serikat adalah aliansi yang bertahan lama, tetapi beberapa pemilih Inggris melihat Trump sebagai orang yang menentang nilai-nilai mereka dalam isu-isu mulai dari pemanasan global hingga perlakuannya terhadap perempuan.

Sebuah balon udara yang menggambarkan Trump sebagai bayi yang menggerutu, yang mengenakan popok akan terbang di luar parlemen Inggris selama kunjungan sementara para pengunjuk rasa merencanakan "karnaval perlawanan" di London pusat.

"Trump akan datang ke Inggris untuk memperingati kekalahan fasisme setelah D-Day sementara pada saat yang sama mengejar agenda sayap kanan yang berbahaya dan mengipasi api kebencian," kata Matt Bonner, perancangnya.

Hari pertama kunjungan, Senin, memuncak dalam perjamuan mewah di Istana Buckingham, tempat para lelaki mengenakan mantel putih dengan ekor dan gaun malam wanita.

Hari kedua akan fokus pada politik, termasuk sarapan dengan para pemimpin bisnis, pembicaraan dengan May di 10 Downing Street, konferensi pers dan makan malam di kediaman duta besar A.S.

Pada hari Rabu, Trump bergabung dengan ratu dan veteran untuk menandai peringatan ke-75 pendaratan D-Day di kota Portsmouth, Inggris selatan, dan juga melakukan perjalanan ke Irlandia. Dia akan menghadiri upacara D-Day resmi di Perancis pada hari Kamis.

Jeremy Corbyn, pemimpin sosialis oposisi Partai Buruh Inggris, yang telah menolak undangan untuk menghadiri perjamuan negara, memarahi Trump karena terlibat dalam politik Inggris.

"Upaya Presiden Trump untuk memutuskan siapa yang akan menjadi perdana menteri Inggris berikutnya adalah campur tangan yang sepenuhnya tidak dapat diterima dalam demokrasi negara kita," kata Corbyn.

Baca Juga

1. Tindakan A.S. di Taiwan, Laut Cina Selatan Mengancam Stabilitas

2. Donald Trump: Inggris Harus Berhati-hati Melibatkan Raksasa Teknologi China