Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 3 Batam

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 3 Batam

PROFIL

Madrasah Yanbu’ul Qur’an (MYQ) Cabang Batam merupakan madrasah yang menginduk pada Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) Kudus Jawa Tengah, yang didirikan oleh Hadhrotusy Syeikh Al Alim Al Alamah K.H. Muhammad Arwani Amin, yang telah mencetak ribuan hafidh dan hafidhah Al Qur’an. Adapun sekarang Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) Kudus diasuh oleh putra-putra beliau yaitu K.H. Muhammad Ulin Nuha Arwani dan K.H. Muhammad Ulil Albab Arwani.

Terbentuknya MYQ Cabang Batam berawal dari silaturrahim Ustadz Mukhlisin ke Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) Kudus. Beliau meminta izin untuk mengajarkan YANBU’A (thoriqoh baca tulis dan menghafal Al Qur’an) di Batam. Alhamdulillah beliau mendapat izin dan dukungan untuk mengajarkannya.

Kemudian pada tanggal 25 Desember 2003 mengadakan acara Bedah Buku untuk memperkenalkan metode Yanbu’a. Alhamdulillah acara tersebut mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat. Bersamaan dengan itu, dilaksanakan peresmian Madrasah Yanbu’ul Qur’an (MYQ) Cabang Batam oleh K.H Muhammad. Ulil Albab Arwani.

Pembukaan pendaftaraan santri MYQ Batam dimulai pada akhir Desember 2003, kemudian pada tanggal 11 Januari 2004 memulai proses belajar mengajar perdana sekaligus orientasi (ta’aruf) santri. Saat itu MYQ hanya menerima ± 100 orang santri dikarenakan keterbatasan Dewan Asatidz (2 orang) dan tempat belajar yang statusnya masih meminjam (Musholla Nurul Hidayah Blok P32 dan tempat tinggal Ustadz Mukhlisin).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.