Ziarah di Makam KH. Dimyati Rois, Sosok Ulama Kharismatik dan Tawadhu'

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Dimyati Rois, Sosok Ulama Kharismatik dan Tawadhu'

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  KH. Dimyati Rois beliau adalah ulama besar dan kharismatik dari Kendal, Jawa Tengah. Beliau adalah pendiri dan pengasuh pesantren Al Fadlu Wal Fadilah di Kendal. Di PBNU beliau mendapat amanah menjabat Mutasyar PBNU.

Profil

KH. Dimyati Rois atau yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Dim lahir pada 5 juni 1945 di Tegal Glagah Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra kelima dari sepuluh bersaudara yaitu dari pasangan KH. Rois dan Nyai Djusminah.

Saudara-saudara beliau diantaranya Ny. Khanifah, KH.Tohari Rois, KH. Masduki Rois, H. Murai Rois, KH. Saidi Rois, Ny. Khotijah, KH. Syatori Rois, Ny. Mukoyah dan Ny. Daroroh. KH. Dimyati Rois,

Latar belakang KH. Dimyati Rois adalah asli turunan petani dan santri baik dari pihak ayah maupun dari pihak ibu. Selain itu, kedua orang tuanya selalu mengajarkan dan melatih kepada putra-putrinya untuk senantiasa taat dalam beribadah.

Guru-guru beliau saat menuntut ilmu di antaranya:

1. KH. Ahmad Ru’yat
2. KH. Mahrus Aly
3. Mbah Imam
4. KH. Zubair

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Dimyati Rois

 Lokasi Makam.
Makam KH. Dimyati Rois berada di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fadlu 2, Dusun Srogo, RT 1, RW 5 Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Dimyati Rois banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Kendal saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fadlu 2, Dusun Srogo, RT 1, RW 5 Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Dimyati Rois, maka akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang berkah, dimudahkan dalam mencari mata pencaharian sesuai bidangnya, bagi para santri dan pelajar maka akan diberi kemudahan mencari ilmu baik ilmu agama maupun ilmu dunia.


Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Rembang di antaranya: 
Kerupuk Petis, Kerupuk Tayamum, Emping Bandeng, Getuk Goreng, Kerupuk Rambak, Keripik Buah, Payung Kertas, Gerabah