Koalisi Kiri Tengah Finlandia Mengakhiri Pembicaraan untuk Membentuk Pemerintahan Baru

 
Koalisi Kiri Tengah Finlandia Mengakhiri Pembicaraan untuk Membentuk Pemerintahan Baru

LADUNI.ID, Lima partai kiri tengah mengakhiri pembicaraan pada hari Minggu untuk membentuk pemerintahan baru di Finlandia, kata pemimpin Partai Sosial Demokrat Antti Rinne, yang ditetapkan untuk menjadi perdana menteri sayap kiri pertama selama 20 tahun, kata Twitter.

“Program pemerintah sudah siap dan jabatan menteri telah dialokasikan,” tulis Rinne.

Sementara dia mengatakan dia tidak akan merilis rincian sampai hari Senin, rancangan yang bocor dari perjanjian koalisi termasuk 730 juta euro ($ 815 juta) dalam kenaikan pajak yang diusulkan untuk memenuhi janji kampanye mempertahankan pengeluaran untuk layanan publik.

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar publik Finlandia Yle, Rinne mengatakan pemerintah barunya akan terdiri dari 19 menteri. Dia mengatakan dia tidak akan mengungkap susunan kabinet sampai Senin.

Demokrat Sosial Rinne menempati urutan pertama dalam pemilihan umum 14 April dengan selisih yang sedikit dengan hanya 17,7% suara, memaksa mereka untuk bermitra dengan empat partai kecil untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Draf perjanjian koalisi yang hampir final dibocorkan ke tabloid Finlandia Iltalehti yang menerbitkan seluruh dokumen setebal 135 halaman pada hari Minggu. Ini menunjukkan rencana kenaikan pajak senilai 730 juta euro untuk mendanai peningkatan belanja publik permanen sebesar 1,23 miliar euro per tahun pada 2023.

Dalam kampanye pemilihannya, Rinne telah berjanji kenaikan pajak untuk menjaga negara Finlandia dalam kesejahteraan yang lama.

Janji-janji pemilihan Rinne termasuk meningkatkan pensiun negara, sebuah perubahan yang akan menelan biaya 183 juta euro, menurut naskah. Selain kenaikan belanja permanen, koalisi merencanakan investasi infrastruktur sekali pakai, terutama ke jaringan kereta api Finlandia.

Partai Finlandia nasionalis dan euroskeptik berada di urutan kedua dekat dalam pemilihan umum dengan 17,5% suara, tetapi Rinne mengecualikan mereka dari pembicaraan koalisi, memilih untuk bermitra dengan Partai Pusat Perdana Menteri Juha Sipila yang akan keluar sebagai sekutu koalisi utamanya selain sekutu Hijau, Aliansi Kiri dan Partai Rakyat Swedia.

Kenaikan pajak yang direncanakan dalam naskah teks termasuk mengumpulkan tambahan 250 juta euro dalam pajak bahan bakar fosil selama jangka waktu empat tahun pemerintah. Pajak penghasilan tidak akan dinaikkan.

Finlandia akan memperbarui armada jet tempur Hornet yang telah menua secara keseluruhan dan pemasok armada baru akan diambil pada tahun 2021, kata draft teks tersebut.

Koalisi lima partai juga berencana untuk mengubah undang-undang tentang pemerkosaan untuk menghapus persyaratan bahwa jaksa membuktikan serangan itu keras.

Baca Juga

1. Jefferies Menjadi Anggota Tel Aviv Stock Exchange