Server Google Terganggu Mengakibatkan Youtube dan Snapchat Tak Bisa Diakses di AS

 
Server Google Terganggu Mengakibatkan Youtube dan Snapchat Tak Bisa Diakses di AS

LADUNI.ID, Gangguan dirasakan pengguna Snapchat danYoutube pada minggu waktu setempat dikarenakan padatnya Server Google di Amerika Serikat (AS) bagian timur. Keluhan datang dari para pengguna kedua media sosial itu yang tak dapat mengakses kedua situs dan aplikasi tersebut. 

Dalam tulisannya di halaman status Platform Cloud-nya, Google mengakui masalah ini. Bahwa mereka tengah berurusan dengan tingkat kemacetan jaringan yang tinggi di AS bagian timur. Kondisi ini, memengaruhi banyak layanan di Google Cloud, G Suite, dan YouTube.

Google menjelaskan, "Pengguna mungkin melihat kinerja yang lambat atau kesalahan yang terputus-putus,". senin (3/6).

Mereka menambahkan bahwa para insinyur telah menyelesaikan langkah pertama dari dua langkah untuk memulihkan operasi normal.

Sebelumnya pada hari itu, pengguna media sosial mengeluhkan kesulitan memuat banyak situs web dan aplikasi populer.

Salah satu cuitan di twitter menuliskan, "Google, YouTube, Snapchat, Shopify, semuanya sedang down. Apakah internet terganggu?".

Cloud computing adalah salah satu layanan Google yang paling menguntungkan, tetapi menghadapi persaingan ketat dari perusahaan teknologi lain seperti Amazon dan Microsoft.

Sebelumnya pada bulan Maret, jaringan sosial terbesar di dunia, Facebook, menyalahkan "perubahan konfigurasi server" untuk pemadaman masif yang memengaruhi aplikasi-aplikasinya di seluruh dunia.

Pemadaman ini memengaruhi pengguna setidaknya selama 12 jam di sebagian besar wilayah dunia, dengan dampak terbesar di Amerika Utara dan Eropa, kata sebuah situs web pelacakan pada saat itu.

Akhir kata, sehebat apapun Google, pasti punya kelemahan yang bahkan produsennya sendiripun harus mengakuinya.