Habib Ali Al-Jufri Ungkapkan Kekagumannya pada Islam Indonesia

 
Habib Ali Al-Jufri Ungkapkan Kekagumannya pada Islam Indonesia

LADUNI.ID, Jakarta - Habib Ali Al-Jufri mengatakan bahwa Indonesia selalu menyambut tamu-tamunya dengan ramah dan penuh kasih sayang, penuh akhlak dan budi pekerti yang luhur. Oleh karena itu, Habib Ali Al-Jufri menyebut bahwa Islam yang ada di Indonesia sangat mirip dan sesuai dengan Islam yang ada di Madinah pada masa Nabi Muhammad SAW.

Habib Ali Al-Jufri menyampaikan hal ini ketika berceramah menghadiri Majelis Rasulullah, di Monumen Nasional, Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa umat Islam di Indonesia harus banyak bersyukur karena Islam yang dibawa oleh Walisongo adalah tanpa pertumpahan darah. Islam yang ada di Indonesia disebarkan melalui akhlak dan kebijaksanaan sehingga melahirkan umat yang ramah dan damai.

“Karna kalian adalah Ahlul Madinah. Kalian (penduduk Indonesia, red.) menerima Islam yang dibawa Walisongo tanpa peperangan, begitu pula penduduk Madinah masuk Islam tanpa peperangan,” terang Habib Ali.

Habib Ali Al-Jufri adalah ulama asal Mekkah yang dikenal sangat luas ilmunya. Kendati demikian, Habib Ali tidak menutupi rasa kekagumannya pada umat Islam di Indonesia. Habib Ali mencontohkan kemiripan tersebut ketika dalam menyambut kaum Muhajirin, masyarakat Madinah menunjukkan sikap sangat ramah dan kasih sayang.

“Kalian (penduduk Indonesia, red.) selalu menyambut dengan hangat tamu-tamu dari luar negeri dengan kasih sayang dan akhlak dan budi pekerti luhur, begitu pula Ahlul Madinah menyambut kaum Muhajirin yang Hijrah bersama Rasulullah,” jelas Habib Ali.