Meksiko Tidak Setuju dengan Kesepakatan Pertanian yang Dikatakan oleh Presiden Trump

 
Meksiko Tidak Setuju dengan Kesepakatan Pertanian yang Dikatakan oleh Presiden Trump

LADUNI.ID, Presiden Donald Trump sangat bangga atas penjualan hasil pertanian "besar" ke Meksiko sebagai bagian dari kesepakatan tentang keamanan perbatasan dan imigrasi ilegal yang mencegah ancaman tarif AS. Tetapi kesepakatan yang dirilis tidak ada dan tiga pejabat Meksiko mengatakan mereka tidak mengetahui adanya kesepakatan pihak mana pun.

Trump mengatakan kepada 61 juta pengikut Twitter-nya dalam sebuah pesan lengkap pada hari Sabtu bahwa Meksiko telah setuju untuk "segera mulai membeli sejumlah besar produk pertanian dari para petani patriot kita." Dia mengulangi tweet itu tak lama setelah Minggu tengah malam di Washington.

Tetapi komunike yang dikeluarkan Jumat malam oleh Departemen Luar Negeri, Deklarasi Bersama AS-Meksiko, tidak menyebutkan perdagangan pertanian sebagai bagian dari perjanjian.

Departemen Luar Negeri tidak menanggapi pertanyaan yang dilakukan melalui departemen persnya. Gedung Putih menolak berkomentar atau menawarkan bukti untuk mendukung tweet Trump. Kantor pers Kementerian Luar Negeri Meksiko menolak berkomentar.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pada rapat umum di Tijuana dekat perbatasan AS bahwa Meksiko harus merayakan "kesepakatan penting" dengan AS yang menghapus ancaman tarif saat negara itu bersiap untuk membalas. Dia tidak menyebut pertanian dalam pidatonya yang dihadiri oleh tokoh-tokoh politik terkemuka di negara itu.

Jika tarif "telah diterapkan, itu akan menyebabkan kerusakan signifikan bagi kedua ekonomi," katanya. "Kami ditempatkan pada posisi yang sangat sulit dan tidak nyaman untuk harus menerapkan langkah-langkah yang sama yang akan dilakukan pada ekspor Meksiko."

Meksiko sudah menjadi pembeli besar barang pertanian A.S., termasuk jagung, kedelai, daging babi dan produk susu. Itu tidak memberikan indikasi berusaha mencari pemasok alternatif selama satu minggu kebuntuan atas tarif yang diusulkan Trump pada barang-barang Meksiko.

Meningkatkan pembelian Meksiko dari A.S. tidak dibahas selama tiga hari perundingan di Washington yang mengarah pada perjanjian hari Jumat, kata tiga orang yang mengetahui pertimbangan yang tidak berwenang berbicara di depan umum.

Meksiko tidak memiliki konglomerat pertanian milik negara untuk membeli produk makanan atau menangani distribusi, atau program pemerintah yang dapat membeli peralatan pertanian untuk pengiriman ke produsen.

Trump sebelumnya pada hari Jumat menyarankan pembicaraan mencakup perdagangan di bidang pertanian, dan bukan hanya masalah keamanan perbatasan seperti yang dikatakan oleh anggota pemerintahannya dan komunike Departemen Luar Negeri terdaftar. Jika kesepakatan dibuat, Trump mengatakan pada saat itu, "mereka akan mulai membeli produk Pertanian & Pertanian di tingkat yang sangat tinggi."

Trump pada hari Sabtu melakukan penggalangan dana di belakang perjanjian Meksiko. Kampanyenya mengirimkan email “donate now” yang bertuliskan sebagian, “Art of the Deal! Meksiko telah setuju untuk membantu. Janji Dibuat. Janji Dijaga. ”

Negara-negara pertanian, di antara pendukung Trump yang terkuat, telah terpukul keras oleh perang dagang presiden melawan Cina dan ancaman tindakan tambahan terhadap Meksiko membuat beberapa senator negara pertanian angkat senjata. Presiden diperkirakan akan melakukan perjalanan ke pusat untuk mengadakan penggalangan dana swasta di West Des Moines pada Selasa.

Baca Juga

1. Jim Acosta dari CNN Mental Donald Trump Membebani Negara , Presiden Gila Seperti Rubah

2. Akhirnya Perekrut ISIS Tertangkap di Australia

3. Presiden Sri Lanka Bersumpah untuk Memblokir Probe Attacks