Hati-Hati Password Anda Direkam Hacker!

 
Hati-Hati Password Anda Direkam Hacker!

LADUNI.ID, Penelitian dibidang keamanan siber menemukan bahwa ada cara terbaru yang digunakan oleh hacker untuk membobol password kamu. Rupanya hanya dengan menggunakan perangkat lunak, mereka "mendengarkan" cara pengguna mengetik.

Penelitian dari Universitas Terkemuka di Inggris, Cambridge dan Universitas di Swedia, Linkoping baru saja menemukan kalau cara seseorang mengetik kata sandi ternyata bisa "didengarkan".

Para peneliti menggunakan tes algoritma dan berhasil menebak 31 dari 50 password terdiri dari digit dengan benar hanya dengan 10 kali percobaan.

Mereka "merekam" 45 partisipan yang sedang mengetik password di perangkat Android seperti ponsel pintar dan tablet, kemudian menafsirkan audio ketikan tersebut lewat mesin algoritma menggunakan gelombang suara yang melewati mikrofon perangkat.

Algoritma tersebut nantinya dapat menentukan (mekipun hanya metode prediksi) asal dari getaran yang dihasilkan ketikan tersebut.

Peneliti ini memprediksi bahwa algoritma seperti ini belum digunakan hacker mana pun. Kemungkinan dari penelitian ini memang cukup "gila".

Kepala peneliti, Ilia Shumailov dari Universitas Cambridge mengutarakan, "Saat ini sulit sekali membayangkan para peretas mengembangkan jenis serangan ini. Di masa depan tentu kami akan mengembangkannya terlebih dahulu sebagai upaya pencegahan,".

Meskipun tidak sulit, membuat algoritma untuk menafsirkan suara ketikan akan membutuhkan waktu yang lama. Memang untuk berhasil, hacker harus menginfeksi smartphone dengan malware dan mendapatkan akses ke mikrofon.

Semoga kita bisa terhindar dari Malware sehingga mampu menanggulangi kejahilan Hacker.