Jelang KTT G20, Insiden Penikaman Polisi Terjadi di jepang

 
Jelang KTT G20, Insiden Penikaman Polisi Terjadi di jepang

LADUNI.ID, Tokyo - Beberapa hari menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20 di kota di Jepang, insiden penikaman menimpa seorang polisi di wilayah setempat tepatnya di Osaka Senin (17/6). Diketahui, kejadian seperti ini terbilang sangat jarang di Jepang. Insiden tak terduga itu pun menjadi sorotan besar, terutama karena Jepang akan menjadi tuan rumah pertemuan KTT G20 pada 28-29 Juni mendatang.

Pihak kepolisian Osaka mengatakan bahwa pelaku menikam petugas kepolisian di bagian dada pada Senin pagi. Mereka pun langsung mengamankan satu pria yang diduga sebagai pelaku penikaman. Pria berusia 33 tahun itu memegang dokumen identitas yang menunjukkan bahwa ia mengidap gangguan jiwa.Sementara korban penikaman saat ini masih dalam kondisi koma. Pistol polisi tersebut ditemukan dalam keadaan satu peluru hilang.

Keamanan di Jepang menjadi perhatian menjelang G20 karena sejumlah pemimpin penting akan hadir dalam pertemuan tersebut, seperti Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, juga Presiden Rusia, Vladimir Putin, hingga Presiden China, Xi Jinping.

"Kami belum mempelajari dampak insiden ini terhadap rencana keamanan G20," ungkap kepala kepolisian Osaka, Takahisa Ishida

Sebelumnya, kepolisian Osaka menyatakan akan mengerahkan sebanyak 25 ribu personel selama pertemuan G20 tersebut diselanggarakan.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan menjelang G20 pekan depan," tegas juru bicara pemerintahan Jepang, Yoshihide Shuga.