Membumikan Silaturrahmi Meraih Keberkahan

 
Membumikan Silaturrahmi Meraih Keberkahan

LADUNI. ID, Aceh -Salah satu momentum Idul Fitri dengan mempererat antar sesama dengan silaturrahmi. Mudik dalam bingkai lebaran juga tidak terlepas dari silaturrahmi.

Hadist lain yang menganjurkan silaturrahmi berbunyi: Allah ’azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga haknya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus dirinya.” (HR. Ahmad )

Itulah sebabnya, mudik lebaran janganlah dimaknai secara sempit tanpa memahami makna substansial dari hikmah bermudik ke kampung halaman tercinta juga nilai silaturrahmi nilai yang tidak terpisahkan dari mudik itu sendiri dan silaturrahmi itu melapangkan rizki dan dipanjangkan umur dan banyak lainnya. Ini sebagaimana disebutkan hadist dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

Islam merupakanagama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. Amalan dalam islam tidak hanya berupa ibadah seperti shalat baik shalat wajib maupun shalat sunnah. puasa, zakat dan sebagainya melainkan juga tersenyum, dan menjalin tali silaturahmi.

Menjalin silaturahmi adalah salah cara mewujudkan ukhuwah islamiyah ( baca ukhuwah islamiyah insaniyah dan wathaniyah)  dan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak keluarga dan saudara. Hikmah Silaturahmi, Selain membuat orang lain yang kita kunjungi merasa senang, silaturahmi memiliki banyak keutamaan .

Silaturrahmi merupakan sebuah konsekuensi iman kepada Allah SWT. Silaturahmi adalah tanda-tanda seseorang beriman kepada Allah SWT ( baca manfaat beriman kepada Allah SWTdan fungsi Iman ) sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda:

” مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ, وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “

 

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”

Seseorang akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rizqinya rajin bersilaturrahmi. Orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya serta menjalin silaturhami akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya. Sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang berbunyi

” مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “

“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi


Beranjak dari itu marilah kita terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah pasca Ramadhan dan terus bersilaturahmi tidak mesti bulan Syawal namun juga bulan lainnya. Mari kita terus meningkatkan diri menjadi insan kamil meraih hari esok yang lebih baik dalam pangkuan ridha-Nya. Amin. 

***Helmi Abu Bakar Ellangkawi, Penggiat Literasi asal Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga